Madrid (ANTARA News) - Mantan pelatih Manchester United dan Everton, David Moyes, menerima pengangkatan sebagai pelatih kepala Real Sociedad, kata klub La Liga itu, Senin.

Berikut ini data dan fakta David Moyes:

AWAL KEHIDUPAN:

* Lahir April 1963 di Glasgow, Skotlandia dan bermain profesional bersama klub Skotlandia, Celtic, pada 1980, tempat ia bermain mulai di klub junior.

* Dua tahun kemudian ia sebagai pemain cadangan ketika melawan Ajax Amsterdam di kejuaraan Piala Eropa, salah satu penampilannya dari 35 laga selama tiga tahun.

KELILING KLUB:

* Pada 1983, ia pindah ke Cambridge United sebagai pelatih bebas, tempat ia mengembangkan reputasinya sebagai pemain bertahan yang dipercaya. Dua tahun kemudian Moyes ditransfer ke Bristol City dan pada 1987 ke Shrewsbury Town.

* Ia pulang kampung ke Dunfermline Athletic pada 1990 sebelum beberapa saat bergabung dengan Hamilton Academical, kemudian pindah lagi ke klub Inggris, Preston North End.

* Ia ditunjuk dan bermain sebagai kapten Preston pada playoff laga divisi tiga (tier empat) di Wembley, ketika mereka kalah atas Wycombe Wanderers.

Pada 1996, ia menjadi bagian dari tim Preston yang menjuarai kompetisi divisi tiga, menjadi asisten pelatih Gary Peters tetapi ia melanjutkan kiprah sebagai pemain.

BERUBAH HALUAN - MAJU DI PRESTON:

* Pada 1998, Moyes menjadi pelatih di Preston. Pada musim pertamanya, ia membawa klub melaju ke playoff divisi dua (tier tiga) dan mereka kalah atas Gillingham.

* Ia memimpin Preston ke kejuaraan divisi dua. Pada 2001, kendati sempat terancam degradasi, Preston akhirnya maju untuk pertama kalinya ke playoff kompetisi divisi satu (tier dua) dan kalah 0-3 atas Bolton Wanderers.

EVERTON:

* Menggantikan Walter Smith sebagai pelatih Everton pada Maret 2002.

* Everton berada di urutan enam besar kompetisi Liga Inggris (Premier League) sebanyak empat kali di bawah komando Moyes, lolos ke kompetisi Liga Champions pada 2005.

Mereka juga lolos ke babak final Piala FA pada 2009 dan mereka kalah 1-2 atas Chelsea, setelah mengalahkan Manchester United di semi final.

* Moyes mengumumkan pada 9 Mei 2013, ia meninggalkan Everton pada akhir musim untuk menggantikan Alex Ferguson di Manchester United.


MANCHESTER UNITED:

* Ditunjuk sebagai pelatih Manchester United pada 10 Mei 2013, menggantikan Ferguson yang mundur dengan ikatan kerja selama enam mulai 1 Juli.

* Gagal menggaet targetnya dalam transfer pemai, Cesc Fabregas, tetapi mempertahankan striker Inggris Wayne Rooney, yang diincar dan ditawar klub saingan Chelsea.

* Robin van Persie mencetak dua gol ketika memenangkan tim Moyes, Unted, 2-0 atas Wigan Athletic pada laga Community Shield pada pertandingan pertamanya. Ia juga meraih kemenangan pada awal laga kompetisi liga, ketika unggul a 4-1 atas Swansea City.

* Tiga kali kalah pada enam penampilan perdana United, termasuk kalah memalukan 1-4 di kandang tetangga Manchester City, merupakan awal paling buruk dalam 24 tahun.

* Kekalahan kandang atas Everton dan Newcastle United pada awal Desember menyebabkan juara bertahan itu berada di urutan kesembilan kompetisi liga, 12 poin terpaut dari klub puncak Arsenal.

* United kalah 1-2 di kandang atas Swansea City pada putaran ketiga Piala FA.

* Moyes didenda sebesar 8.000 pound (12.700 dolar) oleh FA dan diperingati tentang sikapnya yang mengkritik wasit ketika United kalah 1-2 pada laga leg pertama semi final Piala Liga, di Sunderland, yang menang lewat adu penalti.

* Pada Maret, United kalah 0-3 di kandang atas Liverpool dan tetangga City, tetapi mengatasi kecolongan 0-2 pada leg pertama lawan Olympiakos Piraeus sehingga maju ke perempat final Liga Champions.

* Pendukung United tidak gembira karena penampilan memprihatinkan klub, sehingga menyewa pesawat kecil membawa spanduk ke Old Trafford dengan tulisan "Salah besar - Moyes Pergi" sebelum laga lawan Aston Villa.

* Setelah bermain imbang 1-1 di kandang pada perempat final Liga Champions lawan Bayern Munich, United kalah pada leg kedua 1-3.

* Dengan kekalahan 0-2 atas Everton mengakhiri harapan United untuk lolos ke kompeisi Liga Champions dan posisi mereka di urutan ketujuh pada kompetisi liga.

* Dalam 51 pertandingan, United menang 27 kali, seri sembilan kali dan kalah 15 kali dalam semua kompetisi.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014