Jombang adalah kota kelahiran para muassis (pendiri) NU. Jadi, ini semacam napak tilas. Diharapkan dengan berlokasi di Jombang semangat ber-NU bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan Muktamar NU ke-33 digelar di Jombang, Jawa Timur, pada tanggal 1-5 Agustus 2015.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU yang dipimpin oleh Penjabat Rais Aam PBNU KH A Mustofa Bisri dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Jakarta, Jumat.

Ketua PBNU Imam Azis yang ditunjuk sebagai Ketua Organizing Committee (OC) Muktamar NU ke-33 mengatakan, Jombang dipilih sebagai tuan rumah karena bertepatan dengan jelang 100 tahun NU.

"Jombang adalah kota kelahiran para muassis (pendiri) NU. Jadi, ini semacam napak tilas. Diharapkan dengan berlokasi di Jombang semangat ber-NU bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan," kata Imam.

Imam menambahkan, empat pesantren besar akan menjadi lokasi muktamar, khususnya untuk pembahasan materi di tingkat komisi, yaitu Pondok Pesantren Tebu Ireng, Tambak Besar, Denanyar, dan Bahrul Ulum.

Sebagai rangkaian Muktamar NU ke-33, dalam beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan kegiatan pramuktamar, antara lain forum bahtsul masail, Focus Group Discussion (FGD), dan syiar ke-NU-an di Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya merupakan kandidat tuan rumah muktamar.

Kepanitiaan pusat Muktamar NU ke-33 antara lain Ketua Steering Committee (SC) Slamet Effendy Yusuf, Ketua Organizing Committee (OC) Imam Azis, Wakil Ketua OC Saifullah Yusuf, Sekretaris OC Syafrizal Syarif, Bendahara OC Raja Sapta Erfian, dan Wakil Bendahara Ahmad Fanani.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014