Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund masih berbagi posisi di dasar klasemen Liga Jerman pada Minggu, setelah Hanover 96 mencetak dua gol untuk bermain imbang 2-2 di kandang Freiburg ketika kompetisi teratas Jerman memasuki libur musim dingin.

Liga Jerman memulai libur musim dingin dengan membuat runner up musim lalu Dortmund mengumpulkan 15 angka dan selisih gol minus delapan, bersama dengan tim juru kunci Freiburg.

Gol-gol dari penyerang Mike Frantz dan bek Marc-Oliver Kempf membawa tuan rumah Freiburg unggul 2-0 di Stadion Schwarzwald, sebelum Hanover mencetak dua gol pada sepuluh menit terakhir untuk meraih satu angka.

Gelandang Leonardo Bittencourt mencetak gol pada menit ke-38 sebelum bintang Spanyol Joselu mencetak gol pada menit ketiga masa tambahan waktu, untuk menggagalkan Freiburg meraih kemenangan pertama sejak awal November.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Minggu, bek Hertha Berlin John Brooks membuat timnya kemasukan dua gol pertama saat mereka takluk 0-5 dari tamunya Hoffenheim.

Pemain internasional AS itu memasukkan bola ke gawangnya sendiri pada menit ke-23 di Stadion Olimpic Berlin, kemudian membuat timnya mendapat hukuman penalti tiga menit kemudian.

Gelandang Bosnia Sejad Salihovic sukses menjadi eksekutor, dan situasi semakin memburuk bagi Hertha.

Rekan setim Brooks, Nico Schulz, tidak beruntung karena membuat timnya kembali mendapat hukuman penalti setelah ia melanggar kapten Hoffenheim Andreas Beck pada menit ke-39, dan Salihovic mengonversi penalti keduanya.

Hertha memperbesar keunggulan pada babak kedua ketika Sven Schipplock menambah penderitaan tuan rumah, ketika ia memasukkan bola ke gawang yang kosong pada menit ke-74 setelah Hoffenheim melakukan serangan balik.

Pemain internasional Jerman Sebastian Rudy kemudian masuk dari bangku pemain cadangan Hoffenheim untuk mencetak gol kelima mereka.

"Ini merupakan hari yang buruk bagi kami," diakui Schulz, sedangkan pelatih Hertha Joe Luhukay mengatakan timnya berkontribusi untuk kejatuhan mereka sendiri.

"Kami benar-benar membantu mereka, Anda harus melihat gol-gol tersebut," kata pria Belanda itu seperti dikutip AFP.

Ini merupakan kemenangan terbesar bagi tim peringkat ketujuh Hoffenheim dalam kiprahnya selama tujuh tahun di kompetisi teratas Jerman, sedangkan Hertha, yang menduduki posisi ke-13, sekarang telah kemasukan sembilan gol dari dua pertandingan terakhirnya setelah bermain imbang 4-4 di markas Eintracht Frankfurt pada Rabu.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014