Beberapa jabatan yang akan dilelang untuk menentukan pejabatnya adalah Kepala Bidang (Kabid), Kepala Sub Bagian (Kasubbag), Kepala Seksi (Kasi), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, pengawas, penyuluh dan Kepala Madrasah
Kendari (ANTARA News) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan sistem lelang jabatan dalam menetukan pejabat lingkup Kemenag Sultra.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Mohamad Ali Irfan, di Kendari, usai mengikuti Jalan Santai Milad Pesri Kendari ke-41, mengatakan lelang jabatan tersebut akan dicoba akhir bulan Januari 2015.

"Beberapa jabatan yang akan dilelang untuk menentukan pejabatnya adalah Kepala Bidang (Kabid), Kepala Sub Bagian (Kasubbag), Kepala Seksi (Kasi), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, pengawas, penyuluh dan Kepala Madrasah," katanya.

Menurut Irfan, pendaftaran dilaksanakan secara online, sehingga siapapun bisa mendaftar, baik yang berada di daerah Sultra maupun luar Sultra selagi memenuhi syarat termasuk ujian dilaksanakan dengan sistem komputerisasi.

"Semua persyaratan akan dikirim melalui website. Sehingga tidak ada manipulasi data atau bentuk kecurangan lainnya. Sistemnya telah kami bentuk," katanya.

Dalam pelaksanaan lelang jabatan tersebut lanjut Ali Irfan, akan dibentuk tim Baperjakat yang akan menguji kompetensi calon pendaftar, tim itu terdiri atas pejabat Kanwil Kemenag, dosen Universitas Halu Oleo (UHO) terkait psikotes, dan dosen IAIN yang menguji baca tulis Al Quran.

"Terkait lelang jabatan ini, saya sudah laporkan pada Sekjen. Kalau ini bisa berhasil, akan menjadi sejarah Pertama pada Kemenag, yang dimulai dari Sultra. Ini akan menjadi Pilot Projek Kemenag RI," katanya.

Inti dari pola rekrutmen calon pejabat tersebut kata Ali Irfan, adalah menjaring para calon pengelola atau pejabat yang benar-benar bisa bekerja sesuai lima prinsip atau budaya kerja dari Kementerian Agama RI.

Pewarta: Suparman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015