Moskow (ANTARA News) - Pertemuan tiga pihak mengenai krisis Ukraina yang melibatkan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel berakhir di Moskow Jumat tengah malam, kata seorang juru bicara Kresmlin, Sabtu.

Pemimpin Prancis dan Jerman telah meninggalkan Kremlin dan menuju bandar udara, kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Ketiga pemimpin tersebut mengakhiri pembicaraan hampir lima-jam mereka tanpa mengumumkan hasil pembicaraan itu.

Peskov mengatakan pertemuan tersebut "konstruktif dan mendasar dan berbagai upaya akan dilanjutkan untuk menyusun dokumen gabungan yang mungkin dibuat mengenai penerapan Kesepakatan Minsk, yang dicapai di Ibu Kota Belarusia, Minsk, September 2014.

"Upaya gabungan sedang dilancarkan guna menyusun dokumen yang meliputi usul presiden Ukraina dan yang diajukan hari ini oleh Presiden Rusia Vladimir Putin," kata juru bicara tersebut.

Selanjutnya akan ada percakapan telepon dalam bentuk Normandy pada Minggu, ketika hasil awal pertemuan Jumat dikaji, kata Peskov.

Ia merujuk kepada pembicaraan di Prancis pada Juni, yang melibatkan Putin, Merkel, Hollande dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko.

Pertemuan pemimpin Jerman dan Prancis dengan Putin dilakukan sehari setelah kunjungan mengejutkan mereka ke Ibu Kota Ukraina, Kiev, tempat mereka berbicara dengan Poroshenko guna membahas cara mengakhiri pertempuran di Ukraina Timur.

Kesepakatan Minsk bertujuan menghasilkan komitmen Pemerintah Kiev dan gerilyawan pro-kemerdekaan bagi gencatan senjata segera di Ukraina Timur.

Tapi kesepakatan tersebut gagal menghentikan kerusuhan yang telah menewaskan lebih dari 5.300 orang sejak April 2014. Pertempuran bahkan meningkat tajam dalam dua pekan belakangan.

Pemimpin Kelompok Kontak Tiga-Pihak juga gagal menghasilkan kesepakatan di Minsk pada Sabtu pekan lalu, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015