Semalam, kami diberitahu bahwa Arab Saudi telah menghalangi peran serta Margot. Hanya penjelasan ini yang kami peroleh karena pernyataan-pernyataan pemerintah Swedia yang dibuat menyangkut HAM di Arab Saudi."
Stockholm (ANTARA News) - Arab Saudi telah menghalangi satu rencana pidato yang akan disampaikan oleh menteri luar negeri Swedia di Liga Arab di Kairo pada Senin sebagai protes atas kritik terhadap rekor hak asasi manusianya, kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia.

Pemerintah pimpinan Demokrat Sosial Swedia ingin mengangkat profil internasionalnya dengan menekankan pada HAM dan pendekatan feminis ke kebijakan luar negeri, lapor Reuters dan AFP.

Negara itu juga memutuskan untuk mengakui suatu negara Palestina, tanpa berkonsultasi secara resmi dengan para sekutunya, segera setelah partai naik ke tampuk kekuasaan pada Oktober lalu.

"Semalam, kami diberitahu bahwa Arab Saudi telah menghalangi peran serta Margot," kata Erik Boman, jubir Menlu. "Hanya penjelasan ini yang kami peroleh karena pernyataan-pernyataan pemerintah Swedia yang dibuat menyangkut HAM di Arab Saudi."

Margot Wallstrom telah diundang memberikan pidato dalam suatu pertemuan para menteri luar negeri Liga Arab dan lawatan itu bertujuan untuk membangun kerja sama untuk mempromosikan demokrasi, HAM dan integrasi ekonomi.

Komentar pemerintah Arab Saudi belum segera tersedia.

"Penjelasan yang telah diberikan ialah bahwa Swedia mengangkat situasi demokrasi dan HAM dan karena itu mereka tidak ingin saya berbicara," kata Wallstroem kepada kantor berita TT di Kairo. "Memalukan bahwa satu negara telah menghalangi keikutsertaan saya."

Seorang diplomat Arab membenarkan kepada AFP bahwa Riyadh telah menghentikan Menlu itu untuk berpidato.

Wallstroem jarang menyebut Arab Saudi di depan umum tetapi pada Januari dia menyalahkan perlakuan kerajaan itu terhadap Raif Badawi, seorang blogger, yang telah dihukum dengan 1.000 cambukan dan 10 tahun penjara karena menghina Islam.

"Orang harus memprotes metode yang berlaku di abad pertengahan" untuk menghukum, kata dia kepada TT.

Swedia kini meninjau ulang apakah akan memperbarui persetujuan lima tahun untuk memasok material militer dan pelatihan kepada Arab Saudi.

(Uu.M016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015