Padang (ANTARA News) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan pembinaan mahasiswa dengan berbagai macam kegiatan pembentukan karakter.

"Pembinaan mahasiswa ini melalui kegiatan asrama mahasiswa, ekstrakurikuler dan kuliah kewirausahaan," kata Wakil Rektor bidang Mahasiswa Unand, Aprisal di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan kegiatan di asrama bagi mahasiswa baru akan bermanfaat dalam pengenalan kampus dan ajang silaturahim antarsesama.

Dalam asrama, tambahnya, terdapat kepala yang bertugas sebagai penanggungjawab sekaligus pengawas atas kegiatan mahasiswa. Kepala ini juga turut menjadi promotor dan ikut melakukan pembinaan kepada mahasiswa dalam bentuk diskusi kecil atau pertemuan setelah Subuh.

Sejauh ini, ujarnya, lulusan mahasiswa dari asrama memiliki kemampuan di atas rata-rata dan banyak yang diterima di berbagai perusahaan dan instansi untuk bekerja.

"Pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler dapat membentuk kepribadian mahasiswa yang kreatif dan mandiri," katanya.

Dalam hal ini, tambahnya, Unand mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk memilih unit kegiatan mahasiswa baik di dalam jurusan, fakultas hingga tingkat universitas.

Dengan begitu, sebutnya, tidak ada satupun mahasiswa Unand saat ini yang belum mengenal organisasi.

Bahkan, menurutnya, dari kegiatan ekstrakurikuler ini banyak lahir beragam acara berskala nasional maupun internasional yang secara murni bukti dari kreatifitas mahasiswa seperti kegiatan festival mahasiswa, diskusi publik, pentas seni dan olahraga, olimpiade hingga menghadirkan tokoh terkenal dalam kuliah umum atau seminar.

Rata-rata, tambahnya, mahasiswa hasil didikan kegiatan ekstrakurikuler dapat berpretasi secara alademik maupun non akademik. "Kuliah umum kewirausahaan dapat membentuk pribadi mahasiswa yang memiliki inovasi dan kerja keras," katanya.

Selain pemberian materi melalui seminar dan kuliah umum, pembinaan melalui kewirausahaan ini juga diberikan dalam bentuk beasiswa untuk membuka usaha.

Melalui seleksi yang ketat, jelasnya, mahasiswa akan mendapatkan bantuan untuk berwirausaha sesuai bidang yang disukainya.

"Dengan program kewirausahaan ini ke depan akan lahir usahawan muda baru yang dapat menciptakan lapangan kerja," tambahnya.

Seluruh upaya ini, katanya, telah menampakkan hasilnya, salah satunya dalam pencapaian prestasi di segala bidang pada tingkat nasional hingga internasional.

Sementara itu Rektor Unand, Werry Darta Taifur menyebutkan secara teori saat ini Unand telah memiliki pembinaan karakter mahsasiswa secara khusus yang dinamakan Andalasian. Pembinaan karakter ini dilakukan pada saat akan masuk menjadi mahasiswa serta saat proses perkuliahan di kampus. 

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015