Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) tidak akan memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor (Car Freeday) di sepanjang jalan protokol karena pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada Minggu (19/4).

"Para delegasi peserta KAA mulai berdatangan pada hari (Sabtu) ini hingga besok (Minggu)," kata Kepala Subdit Pendidikan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Warsinem di Jakarta Sabtu.

Warsinem mengatakan arus lalu lintas yang melalui jalur bebas kendaraan seperti Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin dan Kawasan Silang Monas akan diberlakukan normal.

Warsinem menuturkan para perwakilan termasuk sejumlah kepala negara menginap di hotel yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Atas pertimbangan tersebut, petugas tidak memberlakukan bebas kendaraan karena para delegasi akan melewati jalur itu.

Para delegasi peserta KAA Ke-60 itu akan mendapatkan pengawalan melekat mulai dari bandara hingga lokasi penginapan.

Warsinem menyebutkan para tamu mengikuti rangkaian kegiatan KAA di Jakarta pada Sabtu (18/4) hingga Selasa (21/4), sedangkan acara utama akan berlangsung mulai 22-24 April 2015.

Polda Metro Jaya mengerahkan 4.236 personil terdiri dari Satuan Tugas (Satgas) Polda Metro Jaya, Satgas Polres dan Satgas Khusus dari Korps Brimob Polri.

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya membantu pengamanan 18 lokasi penginapan dan 13 gedung pertemuan para delegasi KAA.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015