Cimahi (ANTARA News) - Kepolisian Resor Cimahi memasang 12 "Closed Circuit Televisi" (CCTV) di sejumlah titik wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat untuk memantau situasi keamanan selama peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung, Jawa Barat.

"12 CCTV itu dipasang tersebar di wilayah hukum Polres Cimahi selama 24 jam untuk memantau dan mengantisipasi bilamana nanti ada gangguan keamanan," kata Wakil Kepala Polres Cimahi Kompol. Catur Sungkowo usai upacara pemantapan jelang KAA di Cimahi, Senin.

Ia menuturkan, keberadaan CCTV itu untuk membantu pengamanan selain penyiagaan personel setiap titik dan kegiatan patroli.

Polres Cimahi, lanjut dia, lebih fokus pengamanan jalur darat, meskipun belum diketahui siapa tamu negara yang akan menggunakan perjalanan jalur darat.

"Belum mengetahui siapa saja delegasi tamu negara yang menggunakan jalur darat. Berdasarkan informasi, Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping diperkirakan akan melintasi ruas tol," katanya.

Ia mengungkapkan, personel yang diterjunkan untuk pengamanan KAA di wilayah hukum Polres Cimahi dilengkapi senjata api.

Upaya antisipasi gangguan keamanan, kata dia, jajarannya melakukan operasi minuman keras, premanisme dan berbagai potensi gangguan lainnya.

"Kita juga antisipasi terorisme," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015