... akhir 2019 masa jabatan saya, saya ingin seluruh kabupaten dan kota madya di Indonesia terkoneksi dengan jaringan pita lebar...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan tekadnya mengimplementasikan jaringan pita lebar (broadband) di seluruh Indonesia sesegera mungkin.

"Dalam hal jaringan pita lebar pemerintah fokus kepada DNA," kata dia dalam peluncuran layanan Smartfren 4G LTE-Advanced, di Jakarta, Rabu. DNA yang dia maksud adalah perangkat, jaringan, dan aplikasi alias Device, Network, Application.

Untuk mendorong jajarannya, dia telah menetapkan aturan komponen lokal di mana para produsen perangkat diwajibkan memenuhi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) minimum 30 persen per 1 Januari 2017.

Lebih lanjut, Rudiantara mendorong kehadiran layanan jaringan, di antaranya Smartfren dengan layanan 4G LTE Advanced, dan aplikasi dalam negeri.

Menurut dia, saat ini Indonesia berada di peringkat keempat kecepatan broadband di Asia Tenggara setelah Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Pada akhir 2019 masa jabatan saya, saya ingin seluruh kabupaten dan kota madya di Indonesia terkoneksi dengan jaringan pita lebar," ujar Rudiantara.

"Saya ingin broadband menjadi warisan pemerintahan ini," kata dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015