Jakarta (ANTARA News) - Penyedia peralatan telekomunikasi, solusi jaringan dan perangkat mobile, ZTE, mendukung PT Smartfren Telecom dalam membangun dan menyebarkan jaringan 4G LTE Advanced atau disebut 4.5G di Indonesia.

"ZTE mendukung peralatan Smartfren dalam pembangunan 4G LTE Advanced di bagian timur Indonesia," kata Vimal Kanagalingam, Senior Manager, Project Management Office (PMO) ZTE Indonesia, di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Vimal mengatakan bahwa ZTE mendukung penyebaran 4.5G di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan Kalimantan.

Dalam keterangan tertulisnya, CEO ZTE Corporation, Shi Lirong menyatakan komitmennya mengjadirkan ekosistem LTE di Indonesia, salah satunya mendukung layanan Smartfren tersebut.

"Kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan ekosistem LTE termutakhir yang akan mendukung Smartfren dalam menawarkan layanan mobile broadband terbaik pada pelangganya," ujar dia.

"Kerjasama ini juga sesuai dengan visi jangka panjang kami dalam mengembangkan keberlangsungan jaringan LTE di Indonesia," tambah dia.

ZTE memiliki sejarah kerjasama yang cukup panjang dengan Smartfren, yaitu sejak tahun 2006. Mulai tahun 2010 ZTE mendukung jaringan EV-DO Rev.B pertama yang diluncurkan di Indoensia, serta memainkan peranan penting dalam peluncuran perangkat konsumen yang mendukung jaringan EV-DO Rev.B baru dalam 2 tahap implementasi.

Pada Desember 2014, ZTE telah menyebarkan 98 jaringan LTE komersial, menandatangani 160 kontrak LTE, dan menyelenggarakan lebih dari 85 uji coba jaringan LTE di Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Asia Pasifik.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015