... 1234567, Password, dan Letmein merupakan password yang paling umum digunakan...
Jakarta (ANTARANews) - Studi Marte Loge, lulusan Ilmu dan Teknologi Universitas Norwegia, menemukan pengguna Android memilih untuk mengatur pola kunci yang dapat dengan mudah ditebak orang lain.

Penelitian ini mengamati 4.000 pola yang dibuat pengguna Android, dan menemukan 77 persen dari pola itu dimulai dari sudut dimana 44 persen pola tersebut dimulai dari pojok kiri atas.

Semakin banyak simpul yang digunakan dalam membuat pola, akan semakin besar jumlah kemungkinan kombinasi dan semakin sulit untuk menemukan pola kunci layar. Penelitian ini menggunakan rata-rata lima simpul yang berarti bahwa kemungkinan terbukanya kunci adalah 1:7152.

Sementara itu, bagi pengguna yang hanya menggunakan empat simpul pada pola kunci layar mereka, memiliki kemungkinan 1:1624. Sebagai perbandingan, mereka yang menggunakan delapan atau sembilan simpul memiliki 1:140.000 kemungkinan pola kombinasi.

Loge, yang melakukan penelitian tersebut untuk tesisnya, meminta partisipan untuk membuat tiga pola, untuk aplikasi perbankan, untuk aplikasi belanja, dan untuk membuka smartphone.

Pola paling sederhana, empat simpul, paling banyak digunakan baik perempuan maupun laki-laki. Pola yang paling banyak digunakan selanjutnya adalah pola lima simpul. Lebih lanjut, beberapa orang justru lebih memilih untuk menggunakan pola sembilan simpul dibandingkan dengan pola delapan simpul.

Selain jumlah simpul, pola yang lebih rumit, lebih sulit utuk dicari tahu. Seperti penelitian dalam password yang mengungkap fakta, 1234567, Password, dan Letmein merupakan password yang paling umum digunakan, 10 persen dari pola kunci yang dibuat pada penelitian ini menyerupai huruf dalam alfabet.

Huruf itu kebanyakan merupakan inisial dari nama pasangan atau anak. Penelitian Loge juga menunjukkan bahwa laki-laki muda lebih cenderung membuat pola yang kompleks yang sulit untuk dipecahkan.

Untuk membuat pola kunci yang susah dipecahkan, Loge memberi saran agar menggunakan simpul yang lebih banyak, membuat pola yang kompleks dengan memperbanyak pola silang, dan me-non-aktifkan pilihan make pattern visible sehingga seseorang tidak dapat melihat meski berada di samping Anda, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015