Jakarta (ANTARA News) - Petenis putri peringkat satu dunia Serena Williams dan Novak Djokovic telah ditetapkan sebagai unggulan teratas pada kejuaraan AS Terbuka yang akan dimulai Senin mendatang di New York.

Williams, peraih mahkota tunggal putri pada tiga edisi terakhir di Flushing Meadows, dalam daftar unggulan diikuti oleh petenis putri nomor dua Simona Halep dari Romania, finalis Prancis Terbuka 2014.

Petenis Rusia Maria Sharapova, juara AS Terbuka 2006, menjadi unggulan ketiga dan finalis AS Terbuka 2014 Caroline Wozniacki dari Denmark menjadi unggulan keempat.

Lima kali juara AS Terbuka Roger Federer menjadi unggulan kedua pada tunggal putra, sementara lima dari 10 unggulan teratas tunggal putra adalah juara AS Terbuka dan enam di antaranya adalah juara grand slam secara keseluruhan.

Selain juara 2011 Djokovic dari Serbia dan petenis Swiss Federer (juara 2004-2008), mantan juara AS Terbuka lainnya adalah Andy Murray (2012), Rafael Nadal (2010, 2013) dan juara tahun lalu Marin Cilic dari Kroatia.

 Petenis Skotlandia Murray menjadi unggulan ketiga, Nadal dari Spanyol menempati unggulan delapan dan Cilic unggulan sembilan.

Kei Nishikori dari Jepang, runner-up tahun lalu, menjadi unggulan keempat, satu tingkat di atas petenis Swiss yang baru saja memenangi Prancis Terbuka, Stan Wawrinka.

Unggulan putri lainnya yang menonjol termasuk unggulan kelima asal Ceko Petra Kvitova, juara Wimbledon 2011 dan 2014, diikuti rekan senegaranya Lucie Safarova sebagai unggulan keenam, finalis Prancis Terbuka tahun ini.

Victoria Azarenka dari Belarus, finalis AS Terbuka 2012 dan 2013, diunggulkan di urutan 20. Dua kali juara AS Terbuka Venus Williams berada di urutan 23 pada daftar unggulan, sedangkan juara 2011 Samantha Stosur dari Australia menjadi unggulan 22 dan juara AS Terbuka 2004 Svetlana Kuznetsova dari Russia adalah unggulan 30.

Kemenangan bagi Serena Williams akan membuatnya menjadi perempuan keempat yang menyapu semua keempat gelar grand slam dalam satu musim kompetisi, bergabung dengan Maureen Connolly (1953), Margaret Court (1970) dan Steffi Graf (1988).

Pengundian untuk nomor tunggal AS Terbuka 2015 akan dilaksanakan di National Tennis Center, Kamis, demikian Reuters.

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015