Jakarta (ANTARA) - Venus Williams, yang memainkan pertandingan pertamanya sejak awal Januari, kalah 6-3, 6-7 (3/7), 2-6 dari Celine Naef pada babak pertama di 's-Hertogenbosch, Belanda, Selasa waktu setempat.

Kehadiran sang saudara Serena, yang pensiun tahun lalu, di antara penonton, tidak cukup mendorong Venus Williams. Petenis berusia 43 tahun itu memulai dengan dominan tetapi seakan kekuatannya memudar saat Naef, petenis Swiss berusia 17 tahun peringkat 202 dunia, meraih kemenangan tur pertamanya dalam dua jam 18 menit.

"Saya tidak percaya saya memiliki kesempatan untuk bermain melawan Venus," kata Naef, yang lahir pada 25 Juni 2005, dikutip dari AFP, Rabu.

"Dia pemain yang luar biasa dan benar-benar panutan bagi siapa pun," ujar Naef tentang Williams, yang sedang mengejar gelar Wimbledon ketiganya.

Williams, peringkat 696, adalah penerima wild card. Dia berkompetisi di Belanda untuk pertama kali dalam kariernya. Laga tersebut merupakan pertandingan tunggal pertamanya di lapangan rumput sejak Wimbledon pada 2021.

Baca juga: Venus Williams terima wildcard Australian Open 2023

Dia terakhir kali bermain di Auckland, Januari, di mana dia kalah dalam pertandingan keduanya dari petenis China Zhu Lin. Dia mengalami cedera hamstring yang memaksanya mundur dari Australian Open.

Pada pertandingan Selasa, Williams mematahkan servis pada gim kedelapan dalam perjalanannya merebut set pertama.

Dia kemudian mematahkan servis lawannya di gim kelima set kedua. Namun, Naef membalas dan memenangi tie-break sebelum memenangi pertandingan pertamanya di undian utama dalam turnamen WTA.

"Bagi saya, itu adalah panggung terbesar yang pernah saya mainkan," kata Naef.

Baca juga: Venus Williams fokus ke ganda setelah kalah di tunggal US Open

"Sungguh luar biasa bermain di depan penonton yang begitu banyak. Saya sangat gugup, mungkin Anda bisa melihatnya, tetapi saya mencoba untuk terus maju dan mencoba yang terbaik."

Di babak berikutnya, petenis Swiss itu akan menghadapi unggulan kedelapan Caty McNally yang mengalahkan sesama petenis Amerika Katie Volynets 6-2, 6-1 dalam waktu 65 menit.

Unggulan keempat Ekaterina Alexandrova memulai upaya mempertahankan gelarnya dengan kemenangan 6-3, 6-4 atas Evgeniya Rodina.

Unggulan ke-6 Bianca Andreescu mengalahkan petenis kualifikasi asal Turki Zeynep Sonmez, yang juga melakukan debutnya di undian utama WTA, 6-4, 6-4.

Veronika Kudermetova menjadi unggulan teratas di turnamen tersebut, bersama dengan Victoria Azarenka.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023