Ini jelas merupakan waktu terlama saya jauh dari tenis dan tanpa raket di tangan saya
Jakarta (ANTARA) - Venus Williams menepis pertanyaan mengenai masa depan kariernya, dan memilih fokus bermain di sektor ganda bersama adik perempuannya Serena, setelah tersingkir dari US Open pada babak pertama, Selasa waktu setempat.

Petenis berusia 42 tahun, yang hampir tidak bermain dalam satu tahun terakhir dan yang kemenangan terakhirnya dalam pertandingan tunggal terjadi di Wimbledon pada 2021, dikalahkan 1-6, 6-7(7/5) oleh petenis Belgia Alison van Uytavanck.

Hal itu menjadi indikasi lain bahwa Williams dengan cepat mendekati akhir karier profesionalnya yang gemilang selama 28 tahun.

Baca juga: Serena dan Venus Williams terima wildcard ganda US Open

Namun dia mengatakan tidak berpikir untuk mengikuti jejak Serena, yang mengisyaratkan bahwa US Open tahun ini akan menjadi turnamen terakhirnya.

Kakak beradik Williams bersatu kembali untuk nomor ganda di Flushing Meadows -- turnamen pertama mereka bersama sejak 2018 -- dan Venus mengatakan dia tidak memiliki rencana jauh dari itu.

"Saat ini saya hanya fokus pada ganda," kata Venus ketika ditanya tentang masa depan kariernya setelah kekalahan, seperti disiarkan AFP.

Meski kalah dalam empat pertandingan tunggal yang kini ia mainkan pada 2022, juara Grand Slam tujuh kali itu bersikeras bahwa dia masih termotivasi untuk berkompetisi.

Ketika ditanya apa yang mendorong dirinya untuk bersaing di level tertinggi, dia mengatakan bahwa "tiga huruf: W-I-N. Itu dia. Sangat sederhana."

Baca juga: Juara Wimbledon Rybakina tersingkir dari US Open

Williams juga mengatakan bahwa dia puas dengan penampilannya dalam beberapa pekan terakhir saat bermain di Cincinnati, Toronto dan Washington DC setelah hampir setahun berhenti sehingga peringkat dunianya turun menjadi 1.504. Dia mendapatkan wildcard untuk bermain dalam babak utama di New York.

"Ini jelas merupakan waktu terlama saya jauh dari tenis dan tanpa raket di tangan saya," ujar Venus.

"Jadi itu adalah pengalaman yang benar-benar baru bagi saya, mendapatkan raket kembali di tangan saya dan mencoba menyesuaikan diri secepat mungkin untuk siap menghadapi US Open, yang tidak mudah."

"Jelas, seperti, memainkan banyak poin bagus tetapi hanya, pada akhirnya, itu hanya karat."

"Jadi saya sangat senang, Anda tahu, semua momen bagus yang saya alami musim panas ini. Saya benar-benar pergi ke sana dan melakukan yang terbaik dalam situasi itu," imbuhnya.

Baca juga: Serena Williams masih ingin samarkan rencana pensiun
Baca juga: Serena Williams tunda pensiun dengan kemenangan babak pertama US Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022