Batam (ANTARA News) - Dua penerbangan dari Jambi dan satu penerbangan dari Pekanbaru tujuan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin pagi, tertunda akibat kabut asap yang menyelimuti dua wilayah tersebut.

Berdasarkan papan jadual penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pesawat yang mengalami delay tersebut adalah Lion Air JT 139 dari Jambi seharusnya mendarat pukul 08.25 WIB, namun hingga pukul 10.15 WIB belum tiba.

Selanjutnya, Nam Air IN 9886 dari Jambi yang seharusnya mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pukul 09.00 WIB, hingga 10.15 WIB belum tiba.

Akibat hal tersebut, penerbangan Nam Air IN 9034 dari Batam tujuan Medan menggunakan pesawat sama yang seharusnya berangkat pukul 09.30 WIB juga terhambat.

Untuk maskapai Lion Air JT-2236 dari Pekanbaru yang berdasarkan jadwal tiba pukul 09.25 WIB, hingga pukul 10.15 WIB juga belum tiba di Hang Nadim.

Penerbangan lain yang terhambat pada Senin pagi hingga siang adalah GA 270 dari Medan tujuan Batam dan Garuda Indonesia dari Jakarta tujuan Batam.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak bandara untuk dua penerbangan tersebut terhambat karena permasalahan operasional.

Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan berdasatkan informasi dari BMKG pada dua wilayah tersebut jarak pandang memang terbatas.

Namun, kata dia, berdasarkan informasi dari pihak maskapai alasan keterlambatan karena operasional dan tidak ada alasan karena kabut asap.

"Berdasarkan informasi dari BMKG memang jarak pandang sekitar bandara asal (Jambi dan Pekanbaru) pada pagi tadi memang terbatas. Jadi terjadi delay. Namun pihak maskapai tidak menyampaikan alasannya karena asap," kata Suwarso.

Pewarta: Larno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015