Manokwari (ANTARA News) - Hutan Lindung di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, terbakar dan meresahkan warga yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran.

Kepala Seksi Konstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Teluk Wondama, Basri Abdul Salam, saat dihubungi dari Manokwari Selasa mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIT tadi.

Kata dia, lokasi kebakaran ini, tak jauh dari pemukiman warga yang berada di Distrik Wasior. "Kurang lebih 30 meter dari hotel Darmaji," kata dia.

Menurut dia, upaya pemadaman telah dilakukan BPBD bersama warga, serta aparat kepolisian setempat. Namun, upaya pemedaman belum berhasil.

"Pemadaman hanya dilakukan secara manual, karena lokasi sulit dijangkau dengan mobil tangki air," sebut Basri.

Pihaknya, telah menyiapkan tiga unit mobil tangki air milik Dinas Pekerjaan Umum setempat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar api tidak merembet ke pemukiman warga.

Hingga pukul 22.00 WIT, lanjut dia, api masih berkobar. Warga yang bermukim disekitar lokasi kebarakan, keluar rumah, mereka kuatir api merebet kerumah mereka.

Pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Api ini membakar lahan bambu dan pohon kering yang ada di hutan lindung Wondiboy ini.

Pewarta: Toyiban
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015