Kendari (ANTARA News) - Legislator DPR RI, Wiryanti Sukamdani mendorong Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengembangkan kerajinan kain tenun khas daerah setempat karena prospeknya sangat penjanjikan.

"Wakatobi saat ini sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 kabupaten destinasi unggulan wisata Indonesia yang pengembangannya ditangani khusus oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata," katanya di Kendari, Senin

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia kata dia, ke depan Wakatobi akan semakin banyak dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Para wisatawan yang berkunjung di suatu daerah, biasanya mencari barang-barang antik khas daerah yang dijadikan oleh-oleh ketika kembali ke daerah asal," katanya.

Nah, di berbagai daerah tujuan wisata dunia ujarnya, kain tenun tradisional khas daerah setempat, menjadi buruan para wisatawan.

Selain dijadikan oleh-oleh bagi kerabat kata dia, kain tenun tradisional juga dijadikan koleksi bagi para wisatawan.

"Oleh karena itu, mulai sekarang masyarakat Wakatobi sudah harus mengembangkan kerajinan kain tenun khas daerah setempat, sehingga bisa menjawab kebutuhan para wisatawan," katanya.

Pada saat yang sama kata dia, masyarakat setempat bisa memperoleh pendapatan dari hasil menjual produksi kerajinan kain tenun khas daerah setempat.

Politisi asal PDIP itu juga mendorong Wakatobi untuk mengembangkan wisata kuliner khas daerah setempat.

"Para wisatawan juga membutuhkan kuliner khas daerah ketika berkunjung di suatu tempat. Oleh karena itu, masyarakat Wakatobi juga harus mempersiapkan kuliner khas daerah dalam menyambut kehadiran wisatawan di daerah tujuan wisata dunia itu," katanya.

Pewarta: Agus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015