Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menerima penghargaan prestisius ke-192 dalam periode kepemimpinanya, yakni Regional Marketing Award 2015 dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan firma pemasaran, Markplus, di Jakarta.

"Kami berterima kasih atas penghargaan ini, yakni sebuah penelaahan bahwa Jawa Barat mampu dan bagus dalam memasarkan potensinya. Jabar bisa memasarkan potensinya kepada investor, kami juga mampu menjaga kondusivitas bidang ekonomi bisnis sehingga menarik bagi investasi," kata Aher dalam siaran persnya, Jumat.

Penghargaan kategori Gold Champion itu diberikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Aher, Kamis malam (10/12). Turut menyaksikan Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Walikota Bogor Bima Arya, pakar pemasaran sekaligus pendiri Markplus Hermawan Kartajaya, dan sekitar 5.000 audiens acara akbar pemasaran tahunan bertajuk Wonderful WOW Night tersebut.

Aher bersyukur atas pemberian penghargaan karena hal tersebut menunjukkan pengakuan atas potensi Jawa Barat di tanah air khususnya kepada para investor.

Ia mengatakan hingga saat ini, Jabar tercatat sebagai sentra manufaktur nasional dengan kontribusi hampir 60 persen dari kinerja industri manufaktur tanah air, yang mana sebagian investor di bidang tersebut berasal dari investasi penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Dari sisi kinerja ekonomi bisnis, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jawa Barat hingga triwulan III 2015 mencapai 5,1 persen atau lebih baik dari LPE nasional 4,73 persen dengan produk domestik regional bruto atas dasar harga berlaku mencapai Rp392,21 triliun dan produk domestik regional bruto atas dasar harga konstan Rp307,37 triliun.

Ia mengatakan Pemprov Jabar akan terus menggenjot kinerja, terutama di bidang pariwisata, sehingga tahun-tahun ke depan bisa memperoleh kategori pemasaran terbaik bidang pariwisata yang semalam diperoleh Bali dan Nusa Tenggara Barat.

"Ke depan kita akan mengejarnya karena wisata di Jabar tidak kalah. Pangandaran, Pelabuhan Ratu dengan Cimaja-nya, juga Pamengpeuk dengan pasir putih terpanjangnya di Indonesia. Kemudian masih ada Green Canyon, Geopark Ciletuh yang sedang kita kembangkan, dan ratusan destinasi wisata lainnya," tambahnya.

Provinsi Jawa Barat, kata dia, juga berencana memasarkan potensi pariwisata berbasis komunitas seperti bagi penggemar wisata pelancong (travelling), wisata offroad, wisata adventure, dan banyak lagi.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015