Los Angeles (ANTARA News) - Film "Star Wars: The Force Awakens" menjadi film yang terlaris tahun ini dengan penjualan tiket 14,1 juta dolar Amerika di hari pertama pemutarannya di beberapa pasar internasional.

Film keluaran Wlat Disnet Co ini juga telah dibuka di beberapa pasar Eropa, termasuk Prancis, Italia, Swedia dan Belgia, pada Kamis (17/12), seperti yang diberitakan Reuters.

Para pakar memperkirakan episode terbaru Perang Bintang ini mendapat 180-223 juta dolar di Amerika Serikat dan Kanada mulai Kamis hingga Minggu nanti.

Tiga aktor laga asal Indonesia, Iko Uwais, Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhiyan turut bermain dalam episode yang pertama setelah sepuluh tahun.

Dalam wawancara beberapa waktu lalu, ketiga aktor mengaku tidak dapat buka suara soal keterlibatan mereka dalam film arahan JJ Abrams ini karena kontrak.

"Tentunya ini suatu kebanggaan, dua tahun lamanya kami tidak boleh bicara soal keterlibatan kami di film ini, dan baru dua hari yang lalu kami boleh mengiyakan segalanya," kata Yayan yang berperan sebagai Tasu Leech.

Episode ke-tujuh Star Wars ini diputar secara perdana untuk publik di Indonesia mulai 18 Desember 2015.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015