Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memastikan layanan bus Transjakarta di beberapa koridor akan beroperasi selama 24 jam pada malam pergantian tahun.�

"Bus Transjakarta di sejumlah koridor akan beroperasi selama 24 jam. Armada di rute-rute yang menjadi pusat keramaian juga akan ditambah," kata Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, terdapat beberapa lokasi pusat keramaian warga yang akan menjadi fokus layanan Transjakarta, diantaranya Monas, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kemudian, sambung dia, untuk mendukung layanan di lokasi-lokasi tersebut, armada bus di Koridor 1, Koridor 5, Koridor 7 dan Koridor 9 akan diperkuat dari koridor-koridor lainnya.

"Jadi, alokasi armada akan diperbanyak di koridor tertentu, seperti Monas, Ancol dan TMII. Armada dari koridor lain, sebagian akan dialihkan ke koridor yang melintasi pusat-pusat keramaian itu," tutur Antonius.

Sementara itu, pihaknya juga memastikan layanan bus Transjakarta di sepanjang area car free night, yakni dari Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin tetap akan berjalan selama 24 jam.

Meskipun demikian, dia mengungkapkan apabila masyarakat bertambah banyak, sehingga jalan tidak dapat dilalui bus Transjakarta, maka pihaknya akan segera melakukan rekayasa rute pengalihan.

"Kepolisian memang meminta kami agar tetap beroperasi. Tapi kalau nanti ternyata jalannya semakin penuh warga, maka kami akan memperpendek rutenya, yaitu menjadi Kota-Harmoni, Blok M-Semanggi dan Blok M-Bundaran HI kalau masih memungkinkan," ungkap Antonius.

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015