Salah satu faktor kerusakan trotoar di Jakarta itu disebabkan banyaknya galian kabel optik. Maka dari itu, saya minta pihak yang melakukan penggalian itu merapikan trotoar. Saya tidak segan-segan mempidanakan oknum yang tidak mau bertanggung jawab it
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sengatakan sebagian besar trotoar di wilayah ibu kota saat ini berada dalam kondisi rusak sehingga membutuhkan perbaikan segera.

"Sebagian besar trotoar di wilayah Jakarta dalam kondisi rusak. Dari 80 kilometer panjang trotoar, sekitar 60 persen diantaranya sudah rusak," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Oleh karena itu, menurut dia, di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun Anggaran (TA) 2016, perbaikan trotoar merupakan salah satu fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Tahun ini, kami sudah alokasikan anggaran yang besar untuk melaksanakan seluruh pekerjaan umum di wilayah ibukota, termasuk salah satunya, yaitu pekerjaan perbaikan trotoar," ujar Basuki.

Selain itu, dia menuturkan mulai tahun ini, pekerjaan perbaikan trotoar akan dimasukkan ke dalam katalog elektronik atau e-katalog di Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP).

"Mulai tahun ini, perbaikan trotoar itu masuk ke dalam e-katalog LKPP. Dengan demikian, kami mengharapkan tidak ada lagi pihak atau kontraktor yang mengerjakan perbaikan itu secara sembarangan," tutur Basuki.

Lebih lanjut, mantan bupati Belitung Timur juga meminta pihak- pihak yang melakukan penggalian trotoar untuk pemasangan kabel optik agar bertanggung jawab merapikan trotoar itu kembali.

"Salah satu faktor kerusakan trotoar di Jakarta itu disebabkan banyaknya galian kabel optik. Maka dari itu, saya minta pihak yang melakukan penggalian itu merapikan trotoar. Saya tidak segan-segan mempidanakan oknum yang tidak mau bertanggung jawab itu," ungkap Basuki.

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016