Doha (ANTARA News) - Rafael Nadal mencapai semifinal Qatar Terbuka pada Kamis setelah bertarung merebut kemenangan dalam pertandingan tiga set atas Andrey Kuznetsov.

Nadal menang 6-3, 5-7, 6-4 dalam waktu dua jam dan harus bekerja keras merebut kemenangannya atas petenis Rusia, peringkat 79 dunia, dalam pertandingan menarik di lapangan utama di Doha.

"Saya sangat bahagia bisa melaju, dia bermain hebat," kata Nadal setelah kemenangannya itu.

Petenis Spanyol, yang sedang berusaha meraih bentuk penampilan yang membuat dia 14 kali juara Grand Slam, memenangi set pertama dengan meyakinkan, namun drama sesungguhnya baru dimulai.

Nadal kehilangan set kedua saat "forehand" keras Kuznetsov membawanya ke pertandingan. Petenis Rusia itu akhirnya memenangi set kedua 7-5, yang merupakan untuk pertama kalinya petenis 24 tahun itu merebut set dari Nadal.

Dalam pertemuan mereka sebelumnya, Nadal (29) memenangi pertandingan tiga set pada turnamen Prancis Terbuka tahun lalu.

Lalu Kuznetsov hanya memenangi enam game di lapangan tanah liat Prancis, tapi di lapangan keras pada Kamis itu, dia memberi ancaman memberi korban besar dalam turnamen itu.

Set terakhir tidak sulit diduga, dengan unggulan kedua Nadal kembali menyia-nyiakan keuntungan "break", sebelum akhirnya merebut angka dari servis petenis Rusia itu pada game kesembilan.

Petenis peringkat lima dunia itu kemudian menghasilkan angka dari servisnya sendiri untuk mengamankan satu tempat di empat besar, di mana dia akan bertanding melawan Illya Marchenko.

Petenis asal Ukraina Marchenko melanjutkan langkah mengejutkannya dengan mengalahkan petenis Prancis Jeremy Chardy untuk lolos ke semifinal.

Petenis peringkat 94 dunia, yang menumbangkan juara bertahan David Ferrer pada putaran pertama, menang dalam dua set langsung 6-3, 7-6 (7/3). Chardy adalah peringkat 31 dunia. Demikian laporan AFP.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016