Jakarta (ANTARA News) - Indonesia bisa bergabung dengan Kemitraan Trans Pasifik (TPP) paling cepat pada 2022 jika disetujui, kata Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono.

"Kami sedang kaji, perkiraan kalau kita mau ikut dan mereka setuju, paling cepat bergabung 2022," kata Sigit di Jakarta, Rabu.

Sigit menyampaikan, Indonesia bisa mulai mengajukan bergabung dalam keanggotaan kesepakatan 12 negara itu ketika TPP sudah diratifikasi di Amerika Serikat dan negara anggota lainnya yang diperkirakan membutuhkan waktu dua tahun.

Setelah itu, atau diprediksi pada 2018, Indonesia bisa megajukan minat untuk masuk menjadi anggota, yang jika disetujui membutuhkan waktu negosiasi hingga dua tahun atau pada 2020.

"Tapi, saya tidak yakin negosiasi dengan ke-12 negara selesai dalam waktu dua tahun. Sehingga kemungkinan 2022 baru bisa masuk," kata Sigit.

Saat menunggu waktu itu datang, lanjut Sigit, ekspor barang dari Indonesia ke AS diprediksi menurun pada 2018 setelah ratifikasi.

Hal itu terjadi karena produk serupa yang diekspor ke Amerika dari Vietnam dan Malaysia, yang sudah masuk menjadi anggota TPP, harganya lebih rendah karena tidak dikenakan bea masuk.

Indonesia akan terus mempelajari dan berkoordinasi dengan Menko Perekonomian menyangkut kesiapan bergabung dalam TPP.

"Memang pilihan, karena pemerintah lalu tidak mau masuk TPP. Kita harus nunggu ratifikasi karena mereka belum sepakat. Perdagangan juga belum berjalan, paling 2018. Kan bisa saja 12 negara tidak sepakat. Makanya kita pelajari dan koordinasikan," tutup Sigit.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016