Denpasar (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Denpasar, Bali, mencatat sebanyak 861 "ogoh-ogoh" (boneka raksasa) di kota itu akan diarak sehari menjelang Hari Raya Nyepi atau "Pengerupukan".

Kepala Bagian Operasi Polresta Denpasar, Komisaris Polisi Nengah Sadiarta di Denpasar, Senin, menjelaskan bahwa ogoh-ogoh itu akan diarak di sejumlah titik utama di suatu kawasan dan persimpangan jalan.

"Ada 861 ogoh-ogoh yang terdata oleh petugas kami," ucapnya.

Sadiarta menjelaskan di Kecamatan Denpasar Barat terdapat 211 ogoh-ogoh, Denpasar Timur (297) dan Denpasar Selatan (353).

Data ogoh-ogoh tersebut dikumpulkan oleh petugas Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di setiap desa atau "banjar" (dusun) di Ibu Kota Provinsi Bali itu.

Sedikitnya ada 11 titik di Denpasar akan menjadi sentra pawai boneka raksasa berwujud menyeramkan itu di antaranya di kawasan Catur Muka dan Tohpati.

Pemerintah Kota Denpasar mengimbau kepada masyarakat yang membuat ogoh-ogoh menjelang hari raya Nyepi memperhatikan ketentuan pembagian jalur yang akan dilalui.

Untuk rute ogoh-ogoh di Kecamatan Denpasar Barat, Wilayah Kelurahan Pemecutan yang terdiri dari 14 banjar dimulai dari masing-masing banjar (dusun) melalui Jalan Gunung Batukaru-Imam Bonjol- HM Tamrin-Gajah Mada-Udayana menuju Puputan Badung dan selanjutnya kembali ke daerah masing-masing.

Kecamatan Denpasar Utara di wilayah Desa Dauh Puri Kaja terdiri dari 14 banjar akan mengambil rute dari masing-masing banjar menuju kawasan patung Catur Muka melewati lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, kembali ke Jalan Udayana menuju Jalan Hasanudin-HM Thamrin dan kembali ke wilayah masing-masing banjar.

Sedangkan Kecamatan Denpasar Timur untuk wilayah Kelurahan Sumerta yang terdiri dari tujuh banjar mengadakan lomba ogoh-ogoh yang dipusatkan di Jalan Nusa Indah Selatan dan Utara, di mulai di masing-masing wilayah melalui Jalan Kenyeri-Kecubung- Hayam Wuruk-Nusa Indah-WR Supratman dan kembali ke wilayah masing-masing banjar.

Begitu juga Kecamatan Denpasar Utara pada wilayah Kelurahan Tonja terdiri dari sembilan banjar akan mengadakan lomba Ogoh-ogoh dipusatkan di simpang empat Jalan Gatot Subroto.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016