California (ANTARA News) - Unggulan empat Rafael Nadal mampu bertahan dalam pertandingan perempat final dan memastikan tempat pada semifinal BNP Paribas Terbuka 2016 setelah mengalahkan petenis Jepang Kei Nishikori 6-4, 6-3 pada laga yang berlangsung di California, Amerika Serikat, Jumat (18/3) waktu setempat.

Nadal yang merupakan petenis Spanyol itu akan menghadapi petenis unggulan pertama asal Serbia Novak Djokovic yang telah mengalahkan pemain Prancis Jo-Wilfried Tsonga 7-6(2), 7-6(2) pada putaran perempat final.

Djokovic, sebagai juara bertahan dalam turnamen tingkat ATP World Tour itu, telah mengembangkan kemahsyuran permainannya saat memburu gelar kelima di Indian Wells, California.

Nadal mengembalikan serangan dari ketinggalan 1-3 dan 15-40 pada set pembuka serta memadamkan pukulan-pukulan Nishikori pada set kedua untuk menguasai laga selama lebih dari 90 menit di lapangan Indian Wells Tennis Garden.

"Set pertama sangat penting. Pada kedudukan 15-40 untuk satu double break ke Nishikori, itu adalah momentum kunci dan setelah itu saya mulai memainkan bola-bola tinggi dan bola-bola lambat," ujar peraih 14 gelar grand slam Nadal.

"Saya mengganti sedikit ritme pertandingan dan saya kira saya memainkannya dengan baik," ujar petenis kidal itu.

Setelah mampu menyamakan kedudukan 4-4 pada set pertama, Nadal menang lima game berikutnya untuk menguasai permainan. Nishikori sempat memukul usaha Nadal saat mengejar ketinggalan 3-4.

Petenis Spanyol berusia 29 tahun itu meraih dominasinya pada game kedelapan setelah pukulan backhand lawan yang menempati unggulan kelima itu tersangkut net. Nadal mencetak pukulan servis kemenangan dan mengakhiri pertandingan dengan pukulan forehand.

Sementara, Djokovic memainkan pola permainannya dengan kombinasi bertahan dan serangan cepat untuk menaklukkan Tsonga dalam pertandingan yang berlangsung selama dua jam.

Petenis Serbia itu gagal menutup set pertama saat memainkan servis pada 5-4, tapi Djokovic mendominasi tie-break saat pemain Prancis itu harus membayar tipe strategi yang sangat berisiko.

"Pengalaman, kepercayaan diri, dan pemahaman bahwa saya pernah melakukan ini sebelumnya... membantu berjalannya permainan," kata Djokovic yang telah diuntungkan dengan 47 kesalahan Tsonga.

Laga lain pada putaran semifinal di Indian Wells yang akan berlangsung pada Sabtu waktu setempat mempertemukan petenis Belgia David Goffin dan petenis dengan pukulan servis kuat asal Kanada Milos Raonic, demikian seperti dikutip dari Reuters.

(Uu.I026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016