Indian Wells (ANTARA News) - Juara bertahan sekaligus unggulan teratas Novak Djokovic bergerak selangkah lebih dekat menuju gelar kelima di Indian Wells dengan kemenangan 7-6(5), 6-2 atas rival lamanya Rafa Nadal dalam semifinal BNP Paribas Terbuka di California, Sabtu (19/3).

Djokovic dan Nadal menyuguhi para penggemar dengan reli-reli menarik di Indian Wells Tennis Garden yang terpanggang matahari.

Namun Djokovic tampil lebih baik di sebagian besar kesempatan dan dua kali mematahkan serangan lawannya di set kedua untuk mengamankan kemenangan.

Setelah pertandingan yang berlangsung hampir dua jam, juara Australia Terbuka Djokovic mengamankan posisinya di final Minggu, di mana ia akan berhadapan dengan petenis Kanada Milos Raonic, yang menang 6-3, 3-6, 6-3 atas David Goffin asal Belgia.

"Ada hal-hal yang seharusnya bisa saya lakukan lebih baik tapi saya menyelesaikan pertandingan dengan sangat baik dan saya sangat senang bisa melaju ke final," kata Djokovic kepada ESPN saat diwawancarai di tepi lapangan setelah mempertajam rekornya atas Nadal menjadi 25-23.

"Set pertama sangat dekat dan diputuskan oleh satu atau dua poin di tiebreaker dan saya beruntung dapat melewati itu," tambah petenis Serbia itu.

"Set kedua bolak balik dan sepanjang permainan saya bisa melakukan break penting yang membuat saya dapat bermain lebih agresif. Secara keseluruhan, ini merupakan pertandingan berat tapi itulah yang kau hadapi ketika bermain melawan Rafa."

Kedua petenis saling mematahkan servis pada game kedua dan ketiga, sebelum Nadal menyia-nyiakan satu set poin pada game kesepuluh ketika pukulan forehand dia membentur net.

Meski petenis Spanyol itu bangkit dari 2-5 pada tiebreak dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 5-5, Djokovic tetap unggul 6-5 setelah servis pertama yang keras sebelum mengunci set setelah bermain lebih dari satu jam ketika pukulan backhand lawannya mengenai net.

Nadal di bawah tekanan untuk mempertahankan servis pada set kedua ketika Djokovic mendominasi pertarungan dan petenis kidal asal Spanyol itu akhirnya takluk pada game keenam ketika pukulan forehandnya kembali membentur net dan membuatnya tertinggal 2-4.

Melakukan servis pada kedudukan 2-5, Nadal berupaya bangkit dari 0-40 dan menyelamatkan lima match point sebelum pukulannya dari baseline melambung terlalu jauh dan memberikan kemenangan kepada Djokovic.

Sebelumnya, unggulan ke-12 Milos Raonic mengatasi goncangan pada set keduanya melawan unggulan ke-15 Goffin untuk mencapai final ATP Masters 1000 ketiganya.

"Saya sedikit kehilangan permainan (pada set kedua), saya terbawa ritme dia," kata Raonic setelah mengunci kemenangan dalam waktu dua jam untuk memperbaiki rekornya tahun ini menjadi 14-1.

"Yang terpenting bagi saya adalah tetap memegang identitas saya dan sangat hebat bisa bermain di sini untuk semifinal kedua saya (berturut-turut) di sini dan berhasil memenangi sebagian besar dari itu," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters. (Uu.H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016