Miami (ANTARA News) - Unggulan teratas Novak Djokovic mengatasi perlawanan petenis Belgia David Goffin untuk mencapai final Miami Terbuka, mengalahkannya 7-6(5) 6-4 pada Jumat (1/4) untuk melanjutkan perburuan gelar di Key Biscayne.

Petenis peringkat satu dunia asal Serbia itu menjalani start yang lamban dengan kondisi lapangan sulit sebelum melesat, dan mengunci kemenangan dengan servis kuat pertama yang memaksa Goffin mengembalikan bola dengan tidak sempurna untuk mengakhiri pertandingan yang berlangsung dua jam.

Juara Australia Terbuka Djokovic memperbaiki rekornya tahun ini menjadi 27-1 dan selanjutnya akan berhadapan dengan petenis Jepang Kei Nishikori, yang mengalahkan Nick Kyrgios asal Australia 6-3, 7-5 di semifinal kedua.

Djokovic (28), juara lima kali di Miami, berupaya untuk menyamai rekor Andre Agassi dengan enam gelar di ajang itu dan mendapatkan mahkota ATP World Tour Masters 1000 ke-28.

"Ini berangin, lembab, hangat," kata Djokovic kepada para pewarta. "Ini seperti semuanya dilemparkan ke sini."

"Dan  mengatasi rintangan-rintangan dan kondisi-kondisi itu merupakan sesuatu yang saya banggakan. Saya berhasil bertahan pada saat-saat yang tepat," katanya seperti dikutip kantor berita Reuters.

Djokovic, yang tahun ini hanya kalah pada Februari ketika ia mengundurkan diri saat melawan petenis Spanyol Feliciano Lopez di Dubai karena infeksi mata, memuji penampilan Goffin.

"Ia bermain sangat besih," kata Djokovic. "Juga, menurut saya ia memperbaiki servisnya. Saya sulit membacanya. Secara fisik, ini merupakan pertempuran hebat dengan banyak pertukaran pukulan dari baseline."

Dengan Goffin yang awalnya bermain lebih banyak dari baseline di Miami yang panas, Djokovic berada di bawah tekanan awal dan menyelamatkan tiga break point pada game pembuka sebelum menahan servis.

Djokovic dan Goffin bertukar service break pada game ketujuh dan kedelapan sebelum bertarung menuju tie-break, di mana petenis Serbia itu mengunci keunggulan 7-2.

Set kedua berlangsung dengan servis sampai game ketujuh, ketika unggulan ke-15 Goffin melepaskan pukulan forehand panjang sebelum backhandnya mengenai net sehingga servisnya dipatahkan dan tertinggal 3-4.

Djokovic kemudian dengan nyaman mengamankan tempatnya di final Minggu di Crandon Park, di mana ia akan mengincar mahkota lain turnamen Miami untuk melengkapi koleksi gelarnya dari 2007, 2011, 2012, 2014, dan tahun lalu.

Goffin (25), yang mencapai semifinal Masters 1000 untuk pertama kalinya di Indian Wells dua pekan lalu, diperkirakan naik ke peringkat ke-13 saat daftar peringkat yang baru diumumkan pada Senin. (Uu.H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016