Jakarta (ANTARA News) -  Pertandingan pertama pertemuan kedua LeBron James dan Clevelanda Cavaliers melawan juara bertahan Stephen Curry dan Golden State Warriors pada Final NBA dimenangkan oleh Warriors 104-89 Kamis malam waktu setempat atau Jumat pagi WIB ini di Oakland.

Shaun Livingston memimpin Warriors dengan 20 poin, disusul Draymond Green 16 poin, 11 rebound dan 7 assist. Harisson Barnes mengumpulkan 13 poin, Andre Iguodala mencetak 12 poin, Stephen Curry dan Leandro Barbosa masing-masing 11 poin, serta Andrew Bogut 10 poin.

Sebaliknya Kyrie Irving memimpin Cavaliers dengan 26 poin yang menjadi poin tertinggi pada laga ini. Lebron James menyusul dengan 23 poin ditambah 12 rebound dan 9 assist. Kevin Love mencetak 17 poin dan 13 rebound, sedangkan Tristan Thompson 10 poin dan 12 rebound.

Untuk sementara Warriors memimpin 1-0 pada Final NBA berformat best-of-seven ini, sedangkan Game 2 masih akan diadakan di Oakland Senin pagi WIB pekan depan.

Cavaliers membuka skor dengan lemparan tiga angka dari forward Kevin Love, namun layup centre Andrew Bogut dan layup lainnya dari forward Harisson Barnes membalikkan posisi 4-3 untuk Warriors.

Setelah itu, Cavaliers hampir tidak pernah bisa melampaui perolehan poin Warriors, bahkan sempat tertinggal sampai 14 poin pada 6 menit 22 detik pertama pertandingan dan 20 poin pada kuarter keempat.

Warriors memimpin 28-24 pada kuarter pertama, dilanjutkan 24-18 pada kuarter kedua sehingga pada paruh pertama mereka  berlari 9 poin pada kedudukan 52-43.  Setelah itu mereka juga merebut kuarter ketiga dan keempat.

Dua lemparan bebas James menyusul pelanggaran oleh forward Draymond Green sempat menyempitkan kedudukan, namun Green menjauhkan lagi Warriors dari kejaran Cavs setelah berhasil pada sebuah lemparan tiga angka.

Centre Tristan Thompson membuat selisih makin pendek, tetapi lemparan tiga angka small forward Andre Iguodala menjauhkan lagi Warriors dari kejaran finalis NBA tahun lalu itu.  

Satu layup dari Kevin Love pada 3 menit 57 detik terakhir kuarter ketiga membawa Cavaliers berbalik memimpin satu poin pada 64-63.

Setelah ini terjadi susul menyusul poin pada 3 menit terakhir kuarter ini, tetapi sebuah layup dari guard Shaun Livingston, satu lemparan Curry dan sebuah lemparan tiga angka dari Iguodala akhirnya membuat Warriors juga merebut kuarter ketiga sehingga sampai kuarter ini Golden State memimpin 74-68.

Pada 90 detik pertama kuarter terakhir, empat jump shot yang dilepaskan Iguodala, shooting guard Leandro Barbosa dan Livingston membawa Warriors langsung menjauhi Cavaliers sampai selisih 14 poin pada 82-68.   Bahkan melesat sampai selisih 20 poin pada 5 menit 44 detik terakhir dalam posisi 96-76.

Dua menit setelah itu para pemain Warriors gagal menciptakan poin, sebaliknya Cavs mencetak sembilan poin yang antara lain dari dua lemparan tiga angka guard J.R. Smith dan James sehingga kedudukan menjadi 96-85.

Namun pada tiga menit terakhir, Warriors membalas juga dengan dua lemparan tiga angka masing-masing dari Curry dan Klay Thompson sehingga kian mempersulit Cavs dalam menempel Warriors yang akhirnya menutup pertandingan pertama Final NBA ini dengan 104-89.

Pada Final NBA tahun lalu, Warriors juga merebut Game 1 yang juga dilangsungkan di Oakland dengan 108-100 lewat overtime.

Cavs lalu membalas pada Game 2 dan Game 3, namun pada tiga pertandingan berikutnya (dua di Cleveland dan satu di Oakland) Cavaliers menyerah sehingga Warriors menjadi juara NBA dengan posisi 4-2.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016