... mencoba sangat keras untuk menjadi juara bersama Argentina. Sekarang saya meninggalkan tanpa dapat meraih juara itu. Ini bukan bagi saya...
East Rutherford, New Jersey (ANTARA News) - Penyerang terbaik Argentina saat ini, Lionel Messi, akan pensiun dalam laga internasional bersama tim nasional Argentina, setelah gagal mencetak gol ketika adu penalti melawan tim Chile, pada final Piala Amerika 2016, di Stadion MetLife, New Jersey, Amerika Serikat, Minggu malam.

Dia salah satu mega bintang sepakbola dunia yang gagal mengantar tim nasional negaranya ke posisi puncak turnamen sepakbola dunia. Tetapi, dia sukses mengantar klub sepakbola profesional, Barcelona, di mana dia bergabung sebagai juara kompetisi klub. 

Messi menjadi eksekutor penalti pertama La Albiceleste. Tapi, bola sepakan kaki kiri kapten tim itu melebar ke kanan gawang dan timnya kalah 2-4 dari Chile. 

Kekalahan itu juga menjadi kekalahan keempat Messi bersama Argentina dan memperpanjang penantian tim itu setelah lebih dari 23 tahun untuk menjuarai Piala Amerika.

"Itu sulit. Ini bukan waktu yang tepat untuk menganalisa. Di ruang ganti, saya berpikir ini adalah akhir bagi saya bersana tim nasional," kata pemain bernomor punggung 10 itu.

"Saya mencoba sangat keras untuk menjadi juara bersama Argentina. Sekarang saya meninggalkan tanpa dapat meraih juara itu. Ini bukan bagi saya," kata Messi.

Pertandingan Argentina kontra Chile pada final Piala Amerika ke-100 itu tidak mengubah skor 0-0 meskipun telah mencapai 90 menit. Babak perpanjangan waktu 30 menit juga tidak mengantarkan hasil.

"Ini bukanlah hal yang mudah untuk menjelaskan apa yang terjadi. Argentina semestinya memenangkan pertandingan ini. Ini menyakitkan," kata pelatih Argentina Gerardo Martino.

Messi, yang melampaui Gabriel Batistuta sebagai pencetak gol terbanyak untuk Argentina, telah diwaspadai lini belakang La Roja sehingga sulit menampilkan penampilannya yang cemerlang dalam laga yang disaksikan 82.026 penonton itu.

Argentina tidak pernah kalah dalam pertandingan sepak bola dari Chile hingga 2008. Argentina juga menang atas tim asuhan Juan Antonio Pizzi itu dalam kualifikasi Piala Dunia di Santiago pada Maret serta pertandingan penyisihan Grup D Piala Amerika 2016 di Santa Clara, Amerika Serikat.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016