Bogor (ANTARA News) - Direktur Umum dan Sumber Daya Manuria Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz turun langsung meninjau sekaligus memberikan layanan kepada peserta di Kantor Cabang Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

"Selama tiga hari, jajaran direksi dan pengawasan turut memberikan pelayanan kepada para peserta yang mendatangi kantor cabang BPJSKT dimulai dari 5 September," kata Naufal Mahfudz.

Ia mengatakan jajaran direksi melakukan pelayanan langsung kepada peserta di beberapa kantor cabang. Sedikitnya ada 20 kantor cabang yang dikunjungi dalam tiga hari tersebut.

"Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan prima demi kenyamanan peserta yang datang ke kantor cabang," katanya.

Selain melayani langsung, direksi juga melihat langsung kualitas pelayanan masing-masing kantor cabang. Karena, sejak menjadi BPJS, tidak lagi dalam grup BUMN Jamsostek. Tugas utama BPJSKT adalah pada pelayanan.

"Dulu menjadi BUMN, diminta targetnya adalah provit, tetapi setelah menjadi BPJS target utama adalah pelayanan," katanya.

Menurut Naufal, pelayanan harus didorong karena sejak perubahan aturan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dapat diambil setelah satu bulan, terjadi perubahan antrian peserta BPJSTK yang datang ke kantor cabang.

Seperti di Kantor Cabang BPJSTK Cileungsi, rata-rata antrian peserta yang datang mengajukan klaim JHT mencapai 300 orang setiap harinya.

"Agar tidak terjadi penumpukan, perlu sumberdaya pendukung agar semua dapat terlayani dengan maksimal," katanya.

Naufal mengatakan, direksi mendukung upaya penambahan personel dan sistem di masing-masing kantor cabang dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain penambahan personel, lanjut, bulan April dan Juni lalu, BPJSTK membuka layanan Sabtu dan Minggu, termasuk BPJSTK Cileungsi yang ikut melayani di hari libur.

"Dengan adanya optimalisasi layanan ini, hingga Juli, antrian sudah kembali normal. Tidak terjadi pembludakan," katanya.

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan prima, setelah sebelumnya mengikuti parade Hari Pelanggan Nasional di area Car Free Day di wilayah Jakarta. Parade tersebut dilakukan dalam rangka menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat sekaligus menyatakan kesiapan jajaran BPJSTK dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para peserta.

"Langkah ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang ada agar kepedulian masyarakat terhadap BPJSTK bisa meningkatkan," katanya.

Sementara itu, peringatan Hari Pelanggan Nasional di Kantor Cabang BPJSTK Cileungsi berlangsung semarak, berbagai program disiapkan seperti hadiah kejutan bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaa, foto booth, dan pelayanan cepat dari costumer officer. Karyawan BPJSTK juga menggunakan pakaian tradisional dan berpenampilan menarik.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016