Ia (Diego Costa) seorang petarung sejati di lapangan. Ia menggunakan seluruh kemampuan tubuhnya agar mampu tampil berkualitas.
London (ANTARA News) - Ingin meraih dan menikmati hidup yang tanpa njlimet? Silakan membaca dan mengambil makna teks berjudul laga duel antara Chelsea dan Liverpool. Setelah itu, jangan mabok kemenangan, apalagi tertawa terbahak-bahak seperti tidak hirau dengan situasi sekitar.

Hidup dengan simpel menuntut keberanian untuk menunda tertawa sebelum menyaksikan hasil kerja jempolan, bukan kehebatan rencana tanpa dapat diterapkan di dunia konkret.

Makna inilah yang sekiranya didapat ketika Chelsea menjamu Liverpool pada pekan kelima Liga Inggris musim kompetisi 2016/17, yang digelar di Stamford Bridge, London, pada Sabtu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Chelsea tengah terluka. Pasukan The Blues ditahan imbang 2-2 ketika melawan Swansea pada pekan lalu, padahal skuad asuhan pelatih Antonio Conte itu mampu mendominasi penguasaan bola.

Sejumlah pandit menyebut bahwa Chelsea tampil kelewat ingin mencetak gol tanpa menyusun skema yang apik. Bernapsu membuat perubahan tapi kurang melihat situasi dan kondisi skuad secara keseluruhan. Ini "dosa" yang dibuat Conte ketika melawan Swansea.

Pasukan The Blues gagal mengkonversi peluang dengan mencetak gol. Hukumannya, penampilan mereka jauh dari efisien. Ibaratnya, hanya ramai-ramai saja tanpa ada hasil konkret.

Di lini pertahanan, Chelsea masih belum menemukan formula jitu sejak musim lalu. Kelemahan inilah yang bakal dimanfaatkan oleh barisan depan Liverpool yang dihuni oleh Mane, Firmino, dan Sturridge.

Conte punya pekerjaan rumah besar di Chelsea, yakni membawa dan membuat skuad The Blues mengemas prestasi tidak terkalahkan ketika melawan Liverpool.

The Blues menorehkan tiga kemenangan dan sekali imbang dari empat laga terakhir di ajang Liga Inggris. Hanya saja Chelsea tidak bakal diperkuat oleh dua bek handal mereka manakala melawan Liverpool.

Kapten John Terry absen selama 10 hari karena mengalami cedera engkel sementara Kurt Zouma masih berjuang dengan cedera lutut. Warta gembiranya, David Luiz diharapkan tampil bahu membahu bersama dengan Gary Cahill.

Komentar manajer (BBC.co.uk):

* Antonio Conte (Chelsea):

"David Luiz akan tampil untuk kali pertama bersama dengan kami. Untuk itu kami bakal tampil percaya diri. Kami berharap dia tampil sangat baik dan memadai, dengan dibarengi fokus kepada laga."

"Kami tahu bahwa David pemain yang handal. Dia mampu memberi penampilan yang gemilang kepada tim secara keseluruhan. Saya menaruh kepercayaan diri penuh kepada dia. Ia menunjukkannya selama sesi latihan. Saya menyaksikan banyak hal positif."

* Juergen Klopp (Liverpool):
"Ia (Diego Costa) seorang petarung sejati di lapangan. Ia menggunakan seluruh kemampuan tubuhnya agar mampu tampil berkualitas. Ia tampil hampir tidak terbendung ketika melawan Swansea."

"Ia pemain kelas dunia, dan pemain sepak bola hebat. Fans banyak membicarakan dan memuji penampilan dia. Hanya saja musim lalu bukanlah milik Chelsea dan sekarang mereka siap tampil ke jalur yang benar dengan berusaha keras tampil sebaik mungkin. Untuk itu, kami siap tampil menantang mereka."

Prakiraan susunan pemain:

* Chelsea (4-1-4-1):

Courtois (penjaga gawang), Azpilicueta, Luiz, Cahill, Ivanovic, Hazard, Matic, Oscar, Willian, Costa

* Liverpool (4-3-3):
Mignolet (penjaga gawang), Clyne, Lovren, Matip, Milner, Lallana, Henderson, Wijnaldum, Mane, Sturridge, Firmino

Data dan fakta (Opta Facts):

* Chelsea hanya meraih sekali kemenangan dalam delapan laga melawan Liverpool di ajang Liga Inggris (tiga menang dan empat imbang).
* Juergen Klopp mencatatkan kemenangan pertama melawan Chelsea di Liga Inggris di Stamford Bridge pada Oktober 2015.
* Chelsea hanya sekali menang pada Jumat di Liga Inggris, kalah 4-2 di Charlton Athletic pada Desember 2003 (dua menang, tiga imbang).
* Liverpool meraih empat kemenangan dari lima laga terakhir di Liga Inggris sebagaimana ditunjukkan pada Jumat, kalah dari Arsenal pada April 2004.    
* Jika Chelsea menang, maka menjadi kemenangan kandang ke-27 di ajang Liga Inggris (masing-masing 13).     
* Diego Costa mengemas lima gol dalam lima penampilan di Liga Inggris, mencakup empat laga di bawah asuhan Conte di musim ini.   
*  Chelsea hanya mengemas sekali clean sheet dalam 14 laga kandang, untuk kali pertama ketika melawan Burnley (3-0)
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; D:imbang; L:kalah)

* Chelsea: D W W W W

11/9/16 Swansea City 2 - 2 Chelsea
27/8/16 Chelsea 3 - 0 Burnley
23/8/16 Chelsea 3 - 2 Bristol Rovers
20/8/16 Watford 1 - 2 Chelsea
15/8/16 Chelsea 2 - 1 West Ham United

* Liverpool: W D W L W

10/9/16 Liverpool  4 - 1 Leicester City
27/8/16 Tottenham Hotspur 1 - 1 Liverpool
23/8/16 Burton Albion 0 - 5 Liverpool
20/8/16 Burnley 2 - 0 Liverpool
14/8/6 Arsenal 3 - 4 Liverpool

Head To Head:
 
28/7/16 Chelsea 1 - 0 Liverpool
11/5/16 Liverpool 1 - 1 Chelsea
31/10/15 Chelsea 1 - 3 Liverpool
10/5/15 Chelsea 1 - 1 Liverpool
27/1/15 Chelsea 1 - 0 Liverpool

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Chelsea 2 - 1 Liverpool (13 persen)
* Chelsea 2 - 0 Liverpool (11 persen)
* Chelsea 0 - 0 Liverpool (10 persen)

Man of the Match (Whoscored.com):
1.Eden Hazard (29,17 persen)
2.Philippe Coutinho (16,67 persen)
3.Sadio Mané (16,67 persen)
4.Roberto Firmino (12,5 persen)
5.Nemanja Matic (8,33 persen)
    
Prediksi jalannya laga:

* Fakta menunjukkan bahwa Chelsea gagal memanfaatkan dominasi dalam penguasaan bola untuk meraih kemenangan ketika melawan Swansea. The Blues ditahan imbang 2-2. Faktor ini perlu segera diperbaiki oleh pelatih Conte.
* Melawan Liverpool, tentunya Chelsea perlu tampil lebih percaya diri utamanya di lini depan.   
* Pasukan asuhan pelatih Juergen Klopp benar-benar menghirup oksigen positif ketika melawan Leicester. Mereka siap menekan David Luiz yang nota bene bakal tampil untuk kali pertama membela Chelsea.
* Lini pertahanan Chelsea menyisakan kelemahan yang siap dimanfaatkan oleh barisan depan Liverpool.

Prediksi hasil laga:

* Chelsea: 2
* Liverpool: 1

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016