Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho memuji penampilan Wayne Rooney yang berkontribusi atas gol kemenangan yang dicetak Zlatan Ibrahimovic pada laga fase grup Liga Europa melawan Zorya, Jumat waktu Indonesia.

Manchester United meraih tiga poin hasil kemenangan 1-0 atas Zorya di Old Trafford dan menjadi kemenangan perdana MU di Liga Europa musim ini.

Tim dengan julukan Setan Merah itu mencetak gol satu menit setelah Wayne Rooney masuk menggantikan Jesse Lingard pada menit 68. Kapten Timnas Inggris itu memberikan umpan melambung yang disundul dari jarak dekat oleh Ibrahimovic menjadi gol.

"Dia tertawa dan mengatakan telah menciptakan assist (umpan berbuah gol) yang bagus. Dia memberi saya apa yang tim butuhkan, yang mana itu adalah kehadiran keduanya di dalam kotak penalti," kata Jose Mourinho setelah pertandingan kepada situs resmi Manchester United, Jumat.

"Dia lebih dari penyerang daripada Juan (Mata), dan Juan bermain lebih ke kanan (ketika Rooney dimainkan). Kami memulai pertandingan melawan tim yang sangat bagus, dan saya juga punya pemain di bangku cadangan untuk memberikan solusi atas semuanya," lanjut Mourinho.

Bekas pelatih Inter Milan itu juga tidak bisa menyembunyikan pujiannya atas penampilan Zlatan Ibrahimovic yang menjadi penentu kemenangan pada laga ini.

"Dia pemain yang luar biasa. Meskipun jika dia tidak mencetak gol, dinamika yang ia bawa ke dalam tim, gerakan dan kepemimpinan dalam organisasi menyerang, tidak ada yang percaya usianya," ucap Jose Mourinho soal Zlatan Ibrahimovic yang akan berusia 35 tahun pada 3 Oktober mendatang.

Mourinho menambahkan, "Yang penting adalah kualitas, dan kualitas menakjubkan."

Manchester United akan kembali berlatih karena akan menghadapi Stoke City pada lanjutan Liga Utama Inggris akhir pekan ini.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016