utamakan untuk menilai program-programnya, apa yang memang betul-betul dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh daerah
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau rakyat Indonesia menjadikan program kerja para calon kepala daerah sebagai dasar penilaian dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2017.

"Pemerintah mengimbau agar hak pilih yang dimiliki oleh masyarakat digunakan dengan betul-betul bertanggungjawab dan bentuk tanggung jawab itu dengan melihat mana yang terbaik di antara program-program yang diajukan," kata Lukman usai membuka rapat koordinasi nasional Forum Kerukunan Umat Beragama di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis.

Terkait Pilkada di sejumlah daerah termasuk DKI Jakarta, doa mengatakan, perbedaan dalam Pilkada adalah lazim karena ada lebih dari satu pasangan yang akan tampil dengan membawa visi, misi dan program kerja tersendiri.

"Setiap Pilkada ada perbedaan-perbedaan," kata Lukman .

Dia mengimbau masyarakat tidak mempersoalkan hal-hal paternalistik dan primordial, namun lebih melihat upaya yang ditawarkan pasangan calon untuk membangun daerahnya.

"Jadi utamakan untuk menilai program-programnya, apa yang memang betul-betul dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh daerah," imbau Lukman.

Dia mengatakan, memperhatikan program kerja pasangan calon sebagai dasar penilaian adalah cara menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab sehingga demokrasi di Indonesia berjalan lebih baik.

Lukman menuturkan masyarakat memang memiliki preferensi pilihan pasangan calon yang didukung berdasarkan sejumlah faktor, seperti agama dan etnis.

Menurut dia, bagimanapun masyarakat juga perlu diajak untuk menyadari bahwa pemerintah bekerja sesuai dengan program-programnya sehingga faktor seperti agama dan etnis tidak dijadikan dasar penilaian mutlak dalam memilih pasangan calon.

Lukman mengatakan, beragam preferensi pilihan dengan sejumlah faktor seperti agama dan etnis memang sesuatu yang lazim, tetapi masyarakat juga perlu mengedepankan program terbaik yang ditawarkan pasangan calon.

"Kita semua mengajak program itu menjadi sesuatu yang penting untuk menjadi dasar kita menentukan menggunakan hak pilih kita," kata Lukman .

Pilkada serentak pada 2017 berlangsung di 101 daerah di Tanah Air.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016