Washington (ANTARA News) - Sebuah kapal kargo komersial Amerika Serikat yang membawa makanan, persediaan dan percobaan sains tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kata badan antariksa AS NASA.

Menggunakan lengan robot stasiun ruang angkasa, astronot Jepang Takuya Onishi dan astronot AS Kate Rubins berhasil menjangkau pesawat ruang angkasa tak berawak Cygnus, yang dioperasikan oleh Orbital ATK NASA, pada 7:28 pagi EDT (1128 GMT), kata badan antariksa.

Cygnus akan diinstalasi ke modul laboratorium Unity yang mengorbit dan tinggal di sana sampai 18 November.  Penerbangan ini adalah misi resmi keenam Orbital ATK ke ISS untuk kontrak jasa memasok komersial NASA.

Di antara 5.290 pon atau 2.400 kg kargo yang dibawa ke Cygnus, sebagian adalah percobaan sains, termasuk yang akan mempelajari bagaimana api muncul di ruang angkasa. Tapi, percobaan kemunculan api tersebut akan dilakukan setelah Cygnus meninggalkan ISS dan sebelum kembali memasuki atmosfer bumi.

Cygnus adalah pesawat ruang angkasa kargo otomatis Amerika yang dikembangkan oleh Orbital ATK sebagai bagian dari NASA.

Cygnus diluncurkan oleh roket terbaru Antares 230 dari Fasilitas Penerbangan Wallops Virginia.

The Orbital ATK yang berbasis di Virginia adalah salah satu dari dua perusahaan AS yang menyediakan layanan kargo ISS untuk NASA. Perusahaan lain adalah berbasis California SpaceX. Demikian dilansir Xinhua.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016