Biak (ANTARA News) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, mengimbau instansi pemerintah, BUMN/BUMD, TNI/Polri, dan perusahaan swasta, untuk menggunakan replika pohon Natal yang berbahan baku ramah lingkungan.

"Imbauan ini sudah disebarluaskan kepada pimpinan SKPD, komandan satun TNI/Polri, pimpinan BUMN/BUMD serta para pengusaha," kata Kepala BLH Kabupaten Biak Numfor Zakarias Mailoa, yang dihubungi di Biak, Minggu.

Ia mengatakan bahan baku seperti plastik, kaleng serta botol bekas yang banyak dijumpai di sekitar lingkungan kerja dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi bahan baku hiasan pohon Natal.

Dengan mengolah limbah sampah menjadi bahan baku pohon Natal, menurut Mailoa, itu berarti sudah mendukung program pengelolaan limbah lingkungan menjadi sesuatu yang berguna.

"BLH sebagai SKPD pemkab Biak Numfor telah menyosialisasikan iimbauan pembuatan pohon Natal berbahan baku limbah sampah," ujarnya.

Mailoa berharap keterlibatan berbagai elemen warga Biak Numfor untuk menjaga lingkungan Biak yang sehat bersih, hijau dan nyaman menjadi kota idaman untuk semua orang.

Kini sejumlah warga jemaat gereja di berbagai lingkungan permukiman di Biak telah memasang berbagai pohon Natal baik di lingkungan tempat tinggal seperti jalan perumahan dan halaman rumah guna menyemarakkan datangnya hari Natal 25 Desember 2016.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016