Jayapura (ANTARA News) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan dari laporan yang diterima satu warga dilaporkan meninggal dalam insiden kerusuhan yang terjadi di Sugapa, Kamis (24/2).

"Dari laporan yang diterima korban yang meninggal bernama Kolenga Wenda (45 th)," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura, Jumat.

Irjen Pol Waterpauw mengatakan, selain satu meninggal juga ada yang luka-luka serta ada honai (rumah) yang dibakar .

Namun laporan itu berasal dari anggota Komnas HAM Naftalis Pigai, sementara dari Kapolres Paniai AKBP Leonardo Nabu belum ada hingga kini.

"Kemungkinan masalah komunikasi menjadi kendala utama yang menyebabkan belum adanya laporan dari Kapolres Paniai yang wilayahnya membawahi Kabupaten Intan Jaya," kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.

Kapolda Papua mengakui, dari laporan sementara terungkap insiden itu disebabkkan terjadi akibat masyarakat diprovokasi hingga menjadi anarkis.

Identitas provokatornya sudah diketahui yaitu berinisial MT dan polisi akan meminta pertanggung jawaban dari yang bersangkutan, kata Irjen Pol Waterpauw seraya menambahkan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, polda akan menambah personil ke Sugapa.

Sekitar 80-an personil Brimob akan dikirim ke Sugapa dari Nabire, termasuk brimob asal Polda Bali, kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017