Para penumpang tersebut, merupakan warga Sumut yang selama ini merantau di Jakarta, Batam dan Kepulauan Riau
Medan (ANTARA News) - Ribuan penumpang arus balik Pascahari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017 diperkirakan akan "membanjiri" Pelabuhan Belawan, Provinsi Sumatera Utara, pada Selasa (11/7) siang dan perlu mendapat pengamanan yang ekstra ketat dari petugas.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Yusral, di Medan, Senin, mengatakan penumpang yang berangkat menggunakan Kapal KM Kelud berasal dari bebeberapa kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penumpang yang bertolak dari Belawan, menurut dia, melalui rute perjalanan laut yakni tujuan Batam, Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Priuk, Jakarta.

"Jadi, penumpang yang berangkat dari Belawan, pada Hari Selasa (11/7) juga ada tujuan ke Jakarta," ujar Yusral.

Ia menjelaskan, selama ini beberapa kali pemberangkatan KM Kelud dari Belawan Pasca Lebaran tersebut, hanya tujuan Batam, dan tidak melalui Tanjung Balai Karimun, maupun Tanjung Priuk, Jakarta.

Namun, pemberangkatan KM Kelud pada Minggu kedua Juli 2017 ini, cukup banyak penumpang yang tujuan ke Ibu kota Jakarta.

"Petugas Pelni Medan selama beberapa hari ini, cukup banyak menerima pesanan tiket tujuan Jakarta," ucapnya.

Yusral menambahkan, KM Kelud yang akan sandar di Belawan, juga menurunkan penumpang yang berasal dari Batam.

Selain itu, penumpang berangkat dari Belawan, merupakan puncak dari arus balik yang terakhir pascahari Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Para penumpang tersebut, merupakan warga Sumut yang selama ini merantau di Jakarta, Batam dan Kepulauan Riau," kata Kepala Pelni Medan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017