Manado (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meresmikan jaringan telekomunikasi generasi empat (4G) di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut Roy Saroinsong, Selasa.

"Apa yang dilakukan ini adalah upaya pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi mewujudkan salah satu program Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo yakni membangun dari pesisir, daerah kepulauan terluar Indonesia ataupun berbatasan dengan negara luar," kata Saroinsong di Manado.

Menteri Rudiantara didampingi Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan pejabat lainnya meresmikan jaringan seluler telepon genggam berkualitas 4G, televisi digital, peresmian RRI Miangas, serta BTS (Base Transceiver Station) pada Senin (31/2) kemarin.

"Apa yang menjadi harapan masyarakat menikmati jaringan telekomunikasi dan informasi sudah dijawab pemerintah," katanya.

Saroinsong mengutip penjelasan Gubernur Olly mengatakan, sebelumnya di pulau yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina tersebut, jaringan telekomunikasi masih menjadi kendala.

Tetapi sekarang setelah jaringan dibangun, maka akses telekomunikasi dan informasi semakin mudah.

"Mereka sudah bisa langsung menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan baik dalam berkomunikasi dan menerima informasi. Jaringan di sana sudah 4G jadi aksesnya sudah lebih cepat," kata Gubernur.

Lagi kata Gubernur, tersedianya perangkat telekomunikasi dan informasi hubungan antara pemerintah dan masyarakat berjalan dengan baik.

"Bersama pak Menteri, saya langsung melakukan panggilan video jarak jauh dengan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Tiap rumah tangga menerima bantuan radio FM beserta alat TV digitalnya. Hal ini juga akan berkembang lagi di wilayah kepulauan lainnya," ujarnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017