Bandung (ANTARA News) - Bendera Merah Putih raksasa berukuran 120 x 15 meter membentang di tebing bukit Batu Tumpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bendera raksasa itu dibentangkan untuk memeriahkan kemerdekaan ke-72 Indonesia di kota itu, Kamis.

Aksi membentangkan bendera merah putih itu dilakukan oleh pegiat panjat tebing, berbagai komunitas dan unsur TNI dengan tema kegiatan "Bhinneka Tunggal Ika".

Ketua pelaksana kegiatan, Fahmi Rifkiansyah, mengatakan, peringatan kemerdekaan Indonesia di kawasan yang kaya tebing-tebing sehingga potensial dikembangkan menjadi kawasan wisata olahraga ekstrim itu rutin dilaksanakan di sana sekaligus membangun kebersamaan berbagai komunitas anak muda.

"Kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi lintas komunitas, juga sebagai media untuk menumbuhkan kesadaran berbangsa dan kepedulian terhadap lingkungan, sosial dan budaya di seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan, kegiatan itu diinisasi oleh kaum muda secara swadaya, dengan memanfaatkan sumber daya masyarakat atau pemuda setempat.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017