Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Ribuan pendaki Gunung Api Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengibarkan bendera Merah Putih ukuran raksasa pada peringatan HUT Ke-77 RI di wilayah itu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Kaba Yulian Adi Pratama dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pengibaran bendera raksasa di Bukit Kaba pada peringatan HUT RI tersebut berlangsung khidmat, setelah beberapa tahun ditiadakan akibat penyebaran COVID-19.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita kembali melaksanakan kegiatan pengibaran bendera raksasa di puncak Bukit Kaba," kata dia.

Dia menjelaskan bendera Merah Putih ukuran raksasa yang dikibarkan pada peringatan HUT RI kali ini berukuran 17 x 45 meter, dengan lokasi pengibaran di Bukit Gajah, yaitu salah satu bukit di kawasan puncak Bukit Kaba.

"Lokasi pengibaran atau pembentangan bendera Merah Putih raksasa ini dilakukan di Bukit Gajah yang merupakan salah satu bukit di kawasan puncak Bukit Kaba, yang selama ini memang menjadi lokasi pengibaran atau pembentangan bendera Merah Putih setiap tanggal 17 Agustus." terangnya.

Baca juga: Bendera merah putih berkibar di tebing Lampuuk peringati HUT RI

Pada kegiatan pengibaran bendera Merah Putih ukuran raksasa ini pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pegiat alam bebas salah satunya dari Sapta Marga Pencinta Alam (Sapata) SMAN 4 Rejang Lebong.

Jumlah pendaki Bukit Kaba pada peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI mencapai 3.000 orang. Para pendaki ini selain berasal dari Kabupaten Rejang Lebong dan daerah lainnya di Provinsi Bengkulu, juga dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

Para pendaki mulai melakukan pendakian pada Selasa (16/8), dan ada juga beberapa hari sebelumnya. Para pemuda yang mendaki gunung api aktif di Provinsi Bengkulu ini mendirikan tenda di beberapa lokasi di kawasan puncak Bukit Kaba, salah satunya di bagian bawah Bukit Gajah, tempat pembentangan bendera Merah Putih raksasa.

"Pada kegiatan HUT RI ini kami dari Pokdarwis Bukit Kaba memberikan hadiah kepada para pendaki yang berfoto di puncak Bukit Kaba menggunakan bendera Merah Putih dan pendaki yang membawa sampah turun dari puncak Bukit Kaba sampai ke pos pokdarwis," demikian Yulian Adi.

Baca juga: 50 peselam kibarkan Merah Putih di dasar Teluk Lampung saat HUT RI
Baca juga: Bendera Merah Putih meliputi anjungan Pantai Losari pada HUT RI
Baca juga: Wali Kota Palembang bentangkan Bendera Merah Putih raksasa

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022