Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) bermitra dengan PT Taspen (Persero) dengan melayani pembayaran tabungan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian.

Perjanjian kemitraan keduanya ditandatangani Jumat pekan lalu oleh Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro dan Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa serta dihadiri oleh jajaran Direksi Taspen dan jajaran Komisaris dan Direksi Bank Banten.

“Kerja sama yang ditandatangani adalah Pembayaran Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian,” kata Fahmi dalam siaran pers, Senin.

Dengan perjanjian kerja sama ini diharapkan akan memudahkan pensiunan untuk mendapatkan akses layanan. Bank Banten bertindak sebagai Kantor Mitra Layanan Taspen, sebagai unit layanan yang merupakan perpanjangan tangan PT Taspen.

Sebagai BUMN yang ditugaskan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program asuransi sosial Aparatur Negeri Sipil Negara, PT Taspen mempunyai akses kepada data pensiunan dan database kepegawaian (PNS) yang lengkap.

“Kerja sama ini berpotensi untuk pengembangan bisnis Bank Banten. Maka Bank Banten akan mengoptimalkan jaringan Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu Bank Banten di seluruh Indonesia,” kata Fahmi.

Kredit Pensiunan yang dimiliki oleh Bank Banten bernama Kredit Purna Bakti Banten yang merupakan salah satu produk secured loan yaitu kredit kepada individu berpenghasilan tetap dan pensiunan.

“Kredit Konsumer kami yang terdiri dari Kredit Karya Banten, Kredit Pra-Purna Bakti Banten dan Kredit Purna Bakti Banten adalah fokus bisnis Bank Banten kedepan.  Melalui kerja sama dengan PT Taspen (Persero) kami harapkan dapat membuka potensi bisnis sehingga dapat meningkatkan oustanding penyaluran kredit konsumer yang baru kami rintis sejak pendirian Bank Banten di Triwulan III 2016,” jelas Fahmi.

Hingga Agustus 2017, kredit konsumer yang telah disalurkan oleh Bank Banten mencapai Rp1,004 triliun.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017