Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (Persero) bersama Perum Perindo dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII memberangkatkan 23 siswa terpilih berprestasi dari Provinsi Kalimantan Barat ke Provinsi Bali dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Direktur Utama Askrindo, Andrianto Wahyu Adi, mengatakan pada gelaran SMN kali ini, peserta melakukan pertukaran pelajar di mana para siswa akan belajar tentang kebudayaan di Bali, begitupun sebaliknya, siswa dari provinsi Bali akan belajar mengenai budaya di provinsi Kalimantan Barat.

"Selain diberikan wawasan mengenai pengenalan BUMN, para siswa juga diberikan wawasan tentang kebudayaan daerah, pemanfaatan teknologi, cinta lingkungan dan edukasi lainnya untuk memperkaya cinta bangsa dan Tanah Air secara langsung," kata Andrianto melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Program Siswa Mengenal Nusantara yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini bertujuan untuk mengenalkan Nusantara ke para siswa di berbagai macam daerah selama 7 hari kedepan.

Ada pun kegiatan para peserta SMN akan melakukan beberapa aktivitas guna mempelajari keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam di provinsi lain.

Siswa siswi SMN juga akan diberikan pelatihan bela negara oleh TNI dan Polri guna meningkatkan kedisiplinan mereka.

Andrianto beharap dengan adanya program SMN ini, para siswa bisa lebih cinta pada Tanah Air dan lebih toleran terhadap keberagaman suku bangsa, keanekaragaman budaya dan kekayaan alam di provinsi lain.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda mengatakan, pelajar merupakan bibit insan dalam mewujudkan SDM unggul yakni sesuai dengan tema yang diangkat pada HUT ke-74 RI, "SDM Unggul Indonesia Maju".

"Karena mereka lah sebagai generasi penerus bangsa, memperkenalkan beragam kekayaan Indonesia kepada dunia termasuk kekayaan perikanan dan kelautan Indonesia," kata Risyanto.

Risyanto bangga karena Perum Perindo dapat hadir dengan para pelajar, apalagi siswa dan siswi ini merupakan pelajar berprestasi yang telah melalui seleksi untuk mengikuti rangkaian program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Direktur Operasional PTPN XIII, Ospin Sembiring, mengatakan rangkaian kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kontribusi BUMN kepada Negara dan masyarakat Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung dari sisi ekonomi, sosial dan budaya, sebagai bagian dari peran Agen Pembangunan.


Baca juga: ANTARA Bali bekali "menulis itu mudah" kepada 25 peserta SMN-BHUN 2019
Baca juga: Peserta SMN Bali kunjungi RKB BNI Pontianak
Baca juga: Tugu Khatulistiwa jadi motivasi SMN ke Kalbar

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019