counter

Presiden Meksiko puji kemajuan pembicaraan kontrak perusahaan pipa

Presiden Meksiko puji kemajuan pembicaraan kontrak perusahaan pipa

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berbicara pada konferensi pers, di National Palace di Kota Meksiko, Meksiko, Selasa (21/5/2019). REUTERS/Henry Romero/djo/ama

Mexico City (ANTARA) - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Rabu mengatakan bahwa perundingan dengan para pelaksana pembangunan pipa-pipa gas atas perselisihan konstruksi telah "berjalan baik."

Pembangkit listrik milik negara Federal Electricity Commissio (CFE) telah menunggu perundingan kembali atas kontrak yang sudah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya, dengan alasan ada ketidakadilan.

Kontrak pipa gas itu melibatkan banyak perusahaan termasuk perusahaan Kanada TC Energy Corp, Mexico Grupo Carso dan IEnova, perusahaan Meksiko yang merupakan anak perusahaan Amerika Serikat, Sempra Energy.

Lopez Obrador mengatakan dalam jumpa pers rutin bahwa dia mengharapkan pembicaraan dapat segera membawa kesimpulan, namun ia tidak memberikan keterangan lebih terperinci.

Surat Kabar Meksiko Reforma mengatakan perusahaan-perusahaan bertemu dengan pemerintah dan perwakilan pelobi usaha pada Rabu petang untuk menyelesaikan kesepakatan.

Perundingan terpusat pada iuran pengiriman gas dimana CFE berutang ada pembangun jaringan pipa dan kemungkinan perpanjangan kontrak mereka, menurut surat kabar tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Meksiko bakal sediakan 40.000 pekerjaan bagi migran
Baca juga: Tokoh kiri Lopez Obrador menangi pemilihan presiden Meksiko

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar