Magelang (ANTARA) - Taman Wisata Candi Borobudur menyiapkan 50 unit sepeda saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Candi Borobudur Jumat (30/8) yang menurut rencana Presiden akan bersepeda di kawasan tersebut.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sadana di Magelang, Jawa Tengah, Kamis mengatakan bahwa rencananya Presiden akan bersepeda mengelilingi Candi Borobudur.

"Rencana bersepeda mengelilingi candi, beliau kalau tidak salah membawa sepeda sendiri, untuk yang lain-lain kami siapkan 50 sepeda," katanya.

Ia mengatakan Presiden akan datang di Candi Borobudur dengan bersepeda untuk melihat secara langsung kondisi Borobudur, mungkin ada beberapa hal yang perlu ditambah karena Candi Borobudur dijadikan sebagai tujuan utama sebagai Bali kedua .

Ia menuturkan Presiden bersepeda dari Pelataran baru ke kompleks candi, dan rencananya juga akan berdialog dengan pedagang sentral kerajinan makanan Borobudur (SKMB).

Selain itu, katanya, Presiden juga direncanakan menanam pohon di Pelataran Lumbini di sebelah barat Candi Borobudur.

Ia menyebutkan total ada 700 pohon dari Kementerian Lingkungan Hidup, yang akan ditanam di sekitar Pelataran Lumbini ada 300 pohon, sisanya ditanam di titik-titik yang ada di sekitar kawasan candi.

Ia menyampaikan selama kunjungan Presiden di Borobudur, tidak ada penutupan akses bagi pengunjung.

"Beliau tidak mau begitu, jadi semua mengalir seperti biasa. Pengunjung umum tetap bisa masuk ke Candi Borobudur," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019