Kita melihat Presiden Jokowi fokus untuk Papua. Pada era Jokowi banyak kemajuan. memang ada hal-hal kecil yang belum tersentuh kita akui. Pemerintah akui akan disentuh perlahan. Masalah kemudian ada isu-isu tidak benar diangkat jadi pemicu, ujarnya
Jakarta (ANTARA) - Tokoh masyarakat Papua Freddy Numberi meminta kepada seluruh masyarakat Papua untuk tetap tenang dan menghentikan aksi anarkis yang belakangan terus dilakukan.

"Saya imbau kepada adik-adik di Papua kembalikan, percayakan kepada petugas untuk menyelesaikan. Jangan merusak, itu kasian juga karena yang membangun itu rakyat sendiri," kata Freddy Numberi saat konferensi pers bersama Menko Polhukam Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga berharap masyarakat Papua mempercayakan penyelesaian isu Papua yang sempat berkembang dan menyeret sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang kepada aparat penegak hukum.

Ia juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Papua untuk terus mengedepankan komunikasi atau dialog dari pada melakukan aksi pengerusakan.

Baca juga: Papua Terkini - Tokoh muda Papua minta pemuda redam amarah

Freddy pun siap membantu menjembatani komunikasi tersebut asalkan masyarakat dapat berpikiran jernih.

"Kalau Indonesia makmur, negara-negara tetangga takut kemudian mereka ingin pecah belah. Makin global kepentingan, semakin banyak akan dipecah-pecah. Kalau tidak kita bersama dirangkul. Kita bangun kembali tenang. Tidak semudah membalik telapak tangan memang, tapi ada upaya kita," paparnya.

Selama ini ada upaya yang serius dari pemerintah untuk terus membangun Papua. Upaya pembangunan tersebut bisa terganggu jika masyarakatnya sulit untuk diajak berdialog.

Baca juga: Papua Terkini - Wiranto-para tokoh sepakat akhiri ketegangan di Papua

"Kita melihat Presiden Jokowi fokus untuk Papua. Pada era Jokowi banyak kemajuan. memang ada hal-hal kecil yang belum tersentuh kita akui. Pemerintah akui akan disentuh perlahan. Masalah kemudian ada isu-isu tidak benar diangkat jadi pemicu," ujarnya.

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, saat ini pemerintah tidak mencari kesalahan siapapun, namun untuk memberikan solusi.

Baca juga: Papua Terkini - Menkopolhukam: Pelaku kerusuhan di Papua akan ditindak

"Kita bukan mencari siapa yang salah, bukan mencari kesalahan, baik perorangan, kelompok, ataupun institusi. Tidak mencari kesalahan. Tetapi mencari solusi, solusi apa yang terbaik agar suasana panas ini bisa segera redam, suasana yang panas ini bisa tenang kembali, dengan demikian setelah tenang nanti kita bisa berpikir ke depan apa yang harus kita lakukan untuk membangun Papua dan Papua Barat lebih baik lagi," papar Wiranto.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019