Pertumbuhan ekonomi di Australia selama paruh pertama tahun ini telah lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya, dengan konsumsi rumah tangga terbebani oleh periode pertumbuhan pendapatan rendah yang berkepanjangan serta penurunan harga perumaha
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir sedikit lebih rendah pada perdagangan Selasa, setelah penurunan sore hari menyusul keputusan bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia (RBA) untuk mempertahankan suku bunga tak berubah satu persen.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis 0,091 persen atau enam poin menjadi 6.573,40 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas menyusut empat poin atau 0,060 persen menjadi 6.673,50 poin.

Meskipun secara luas sesuai ekspektasi, keputusan oleh RBA mendahului pasar saham Aussie menyerahkan sebagian besar keuntungan hari ini sebelum pulih kembali menjadi sedikit di bawah level awal.

Tanggapan tersebut juga mengikuti pernyataan Gubernur RBA Philip Lowe yang menunjuk pada periode "perpanjangan" suku bunga yang lebih rendah.

"Pertumbuhan ekonomi di Australia selama paruh pertama tahun ini telah lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya, dengan konsumsi rumah tangga terbebani oleh periode pertumbuhan pendapatan rendah yang berkepanjangan serta penurunan harga perumahan dan turnover (perputaran uang)," kata Lowe.

"Dewan akan terus memantau perkembangan, termasuk di pasar tenaga kerja, dan memperlonggar kebijakan moneter lebih lanjut jika diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pencapaian target inflasi dari waktu ke waktu."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank turun 0,20 persen, ANZ turun 0,11 persen, National Australia Bank tak berubah dan Westpac Bank naik 0,82 persen.

Saham-saham pertambangan melemah dengan BHP turun 0,41 persen, Rio Tinto turun 0,77 persen, penambang emas Newcrest turun 0,22 persen dan Fortescue Metals turun 0,13 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search naik 2,14 persen, Santos turun 0,70 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,82 persen.

Supermarket terbesar Australia juga beragam dengan Coles naik 1,87 persen dan Woolworths turun 1,42 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,82 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 1,34 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,08 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019