Paris (ANTARA) - Bursa saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis (5/9/2019), dengan indeks acuan CAC-40 di Bursa Efek Paris menguat 1,11 persen atau 61,30 poin, menjadi 5.593,37 poin.

Sebanyak 26 saham dari 40 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks CAC-40 berhasil membukukan kenaikan harga.

Produsen elektronik dan semikonduktor multinasional Prancis-Italia STMicroelectronics melonjak 6,22 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips.

Diikuti oleh saham perusahaan multinasional Prancis yang menyediakan jasa konsultasi, teknologi, profesional dan alih daya Capgemini yang terangkat 5,28 persen, serta perusahaan multinasional Prancis Safran ​​​​​​​ yang memproduksi mesin pesawat terbang, mesin roket, komponen kedirgantaraan dan pertahanan naik 5,10 persen.

Sementara itu, perusahaan perawatan pribadi Prancis L'Oreal mencatat kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya merosot 1,61 persen.

Disusul oleh saham Veolia Environnement, sebuah perusahaan transnasional Prancis dengan kegiatan di tiga layanan utama dan area utilitas yang secara tradisional dikelola oleh otoritas publik - manajemen air, pengelolaan limbah, dan layanan energi, kehilangan 1,36 persen.

Berikutnya, saham perusahaan multinasional Prancis Air Liquide, yang memasok gas dan jasa industri, melemah 1,27 persen.

Baca juga: Bursa saham Prancis melemah, saham produk fesyen mewah berguguran
Baca juga: Bursa saham Prancis menguat, Indeks CAC-40 berakhir naik 1,51 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019