counter

Info Haji

2.339 jamaah haji Aceh telah kembali ke tanah air

2.339 jamaah haji Aceh telah kembali ke tanah air

Jemaah haji Debarkasi Aceh kloter 1 berdoa usai mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 392 jamaah haji Debarkasi Aceh dalam kelompok terbang (kloter) 6 tiba di daerah berjulukan tanah rencong, dan tercatat sudah 2.339 jamaah haji kembali dengan selamat ke daerah paling barat Indonesia ini.

Jamaah dalam kloter 6 yang berasal dari Aceh Utara, Banda Aceh dan Aceh Besar tersebut mendarat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pukul 00.56 WIB.

Baca juga: 5 kloter haji Aceh telah kembali ke Tanah Air

Baca juga: 392 jamaah haji debarkasi Aceh tiba di Tanah Air


"Alhamdulillah, jamaah haji kita dalam kloter 6 telah mendarat di Bandara SIM, dinihari," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Senin.

Ia menjelaskan, jamaah dalam kloter 6 yang tiba tersebut sebanyak 392 dengan rincian jamaah laki laki 167 orang dan jamaah perempuan 225 orang. Dan satu orang harus dimutasi pemulangan ke kloter 12 karena masih perlu perawatan di Rumah Sakit Al Ansaar, Madinah.

"Tidak ada jamaah kita yang wafat, tapi masih ada satu yang dirawat dan kembali bersama kloter 12 nanti, yakni Aminah Muhammad Aji dari Aceh Utara," katanya.

Kemudian, katanya, masih ada sebanyak 2.327 jamaah haji Debarkasi Aceh di Arab Saudi. Dijadwalkan jamaah haji kloter 7 akan mendarat di Aceh pada Senin, malam.

Sementara itu, panitia kesehatan Debarkasi Aceh dr Maya Sofia menyebutkan dalam kloter 6 tidak ada jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit, hanya saja sebanyak lima jamaah perlu mendapatkan perawatan di klinik kesehatan asrama haji Aceh.

"Tidak ada jamaah kloter 6 yang harus dirujuk ke rumah sakit, hanya saja ada lima jamaah yang harus dirawat di klinik asrama haji karena kelelahan, hipertensi dan pos stroke," katanya.

Baca juga: PPIH: Seorang JCH Aceh meninggal dunia di Mekkah

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Melihat koleksi naskah kerajaan Aceh kuno

Komentar