counter

Wakapolri akan cek penanggulangan karhutla di Kalsel

Wakapolri akan cek penanggulangan karhutla di Kalsel

Anggota Polda Kalsel dengan peralatan khusus untuk sarana penanggulangan karhutla. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto akan berkunjung ke Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mengecek upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Saat ini Kalsel sudah diselimuti kabut asap di hampir seluruh wilayahnya,  bahkan, pada Selasa (10/9) pagi, kabut asap tebal menyelimuti kawasan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di kota Banjarbaru mengakibatkan sejumlah jadwal penerbangan terganggu.

"Bapak Wakapolri dijadwalkan tiba Kamis pagi besok di Bandara Syamsudin Noor dan langsung melaksanakan patroli udara untuk meninjau ke lokasi karhutla," terang Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Rabu.

Dalam rangka asisten dan supervisi tahap II penanggulangan karhutla di Polda Kalsel, Wakapolri pun akan memimpin apel gelar pasukan di Posko Taktis Satgas Karhutla Polda Kalsel di Jalan Ahmad Yani Km 21 Banjarbaru.

Sarana prasarana dan terobosan kreatif penanggulangan karhutla akan dicek oleh orang nomor dua di institusi Polri tersebut. Wakapolri ingin melihat sejauh mana kesiapan personel dan peralatan yang dimiliki Polda Kalsel dalam menanggulangi karhutla.

Usai apel gelar pasukan, Wakapolri menuju Mapolda Kalsel untuk memberikan arahan terkait penanggulangan karhutla.

Wakil dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu juga rencananya mengunjungi Bekantan Command Center di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel.

Aplikasi Bekantan sendiri diketahui jadi andalan Polda Kalsel untuk mencegah dan menanggulangi setiap titik api yang muncul agar cepat dipadamkan sehingga tidak sampai membesar.

Dimana warga dapat menginformasikan setiap terjadinya karhutla hanya melalui handphone di aplikasi Bekantan.

Kunjungan Wakapolri direncanakan  didampingi sejumlah pejabat Mabes Polri seperti Koorsahli Kapolri Irjen Pol Muktiono, Karo Binops Sops Polri Brigjen Pol Agung Wicaksono dan Karo Dalops Sops Polri Brigjen Pol Kushariyanto itu hanya berlangsung satu hari.

Selanjutnya, pada Jumat (13/9) pagi, rombongan akan bertolak ke Kalimantan Barat guna mengecek penanggulangan karhutla di sana.

Pewarta: Firman
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pusat perbelanjaan dan rumah kosong jadi perhatian khusus pengamanan

Komentar